Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Urun Rembuk Rencana Pembuatan Desain Motif Sasirangan

 Suara Bamega Online - Urun Rembuk Rencana Pembuatan Desain Motif Sasirangan Khas Kabupaten Kotabaru, Rabu (18/10/17) di Hotel Grend Surya Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri Ketua Dewan Kerajinan Nusantara Kabupaten Kotabaru, Wakil Dewan Kerajinan Nusantara Kabupaten Kotabaru, Plt Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Kotabaru, Dinas Koperasi UKM Dan Perindustrian, Desener Kalsel, Budayawan, Pengamat Seni, Dewan Kerajinan Nusantara Kabupaten Kotabaru.

Ketua Dewan Kerajinan Nusantara Kabupaten Kotabaru Hj. Fatma Idiana menagatakan, "  Saya berkeinginan di Kabupaten Kotabaru harus ada kain yang mencerikan khas Kotabaru yang sebenarnya, kemaren saya ada acara di Jakarta, kalau khas Kotabaru terkenalnya disana  itu hasil padan laut. Untuk rancanangan motif kita juara dua (2) se Kalimanatna Selatan pada waktu acara PKK. Saya minta masukan dan saran kepada bapak - bapak yang hadir apa yang ciri kas Kotabaru batik apa sasirangan..?

Desainer Banjarmasin Dwi Kawang Yoeda mengatakan, " Seni dan budaya seperti seni tari, seni lukis, seni kerjinan, tata boga dan kesenian dari Indonesia harus di lestarikan, salah satunya seni kerjinan tradisional orang Banjar termasuk Kotabaru adalah kain sasirangan, batik itu ciri khas orang Jawa. Kita gali aja yang ada  Kotabaru, kalau bicara motif kainnya bisa flora dan Fauna, terembu karang dan rumput laut dan padan laut itu lebih bagus.

Pengamat Seni Drs. H. Sazidan mengatakan, " Kalau kita melihat kodisi sekarang batik dan sesirangan itu beda artinya sesirangan motifnya gambar besar - besar semua orang bisa memakainya sepeti pemuda pun juga bisa memakainya. Kalau kita melihat sejarahnya sasirangan jaman dulu di pakai orang - orang Banjar untuk upacara adat, hajatan dan ikat kepala.(Hasan)

Tidak ada komentar: