Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Pelatihan Penyuluhan Keamanan Pangan

Suarabamega25.com - Dinas Kesehatan Kotabaru telah melaksanakan pelatihan kemanan pangan bagi pengelola IRT - P dan perdangan kaki lima (PKL) dan kesehatan makan hasil industri, Kemis ( 28/6/18) di Op Room Sekda Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri Kadis Dinas Kesehatan Kotabaru, BPOM Banjarmasin, UKM Kotabaru, Kepala Seksi SDM Kesehatan Kotabaru, Pemilik/ pengelola industri rumah tangga dan PKL.

Kepala Dinas Kesehatan Hj. Ernawati, S. Sos,. MM mengatakan, hari kami melaksanakan pelatihan keamanan pangan bagi industri rumah tangga dan PKL, sesuai UU Tentang Pangan Nomor 8 Tahun 2012. Dari tahun ke tahun selalui meningkat data terakhir sampai hari ini industri rumah tangga itu 385 yang sudah memeliki iziin. Hari ini ada 50 orang industri rumah tangga dan PKL yang ikut pelatihan bagaimana produksi pangan yang baik dan benar. Keamanan pangan serta cara pengolahan pangan yang baik dan benar. Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.
" Ada tujuh (7) komponem yang tertera di lebel produk pangan : 1. Nama pangan olahan, 2. Berat bersih atau isi bersih, 3. Nama dan alamat produsen atau distributor, 4. Daftar bahan yang digunakan atau komposisi, 5. Nomor pendaftaran pangan, 6. Keterangan kedaluarsa, 7. Kode produksi. 
Selain tujuh informasi tersebut, informasi lain yang perlu diperhatikan adalah keterangan kandungan gizi. Keterangan ini dinyatakan sebagai informasi atau klaim nilai gizi. Pangan halal tulisan "Halal" hanya dapat dicantumkan pada pangan olahan yang mempunyai sertifikat "Halal" dari lembaga yang berwenang di Indonesia dan mendapat persetujuan pencantuman tulisan "Halal" dari Direktorat Inspeksi dan Sertifikasi Pangan BPOM.

Tidak ada komentar: