Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Tim Sergap Mabesad Tinjau Penyerapan Gabah di Wilayah Kodim 1004 Kotabaru

Suarabamega25.com - Kunjungan Kerja Tim Serapan Gabah Mabesad di Wilayah Kodim 1004 Kotabaru Tahun 2018, Kemis (26/7/18) di Makodim 1004/Kotabaru Jl. Yakut Desa Dirgahayu Kecamatan  Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Di Pimpinan Kolonel Inf Benny dan didampingi Kolonel Inf Suyitno dalam rangka pemantauan serapan gabah dan ketahanan pangan tahun 2018 di wilayah Kodim 1004/Kotabaru Kab Kotabaru Kalsel. 

Hadir dalam penyambutam Tim Sergap Dandim 1004/Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto S.Sos, Kepala Ketahanan Pangan Kotabaru Ir. H. Akhmad Asbili, Para perwira Staf  Kodim 1004/Ktb, Para Danramil Kodim 1004/Ktb, Kepala Sinlog Bulok Ktb Rini, Kepala Gudang  Bulog Bpk. Faisal dan Para Staf Dinas Ketahanan Pangan Kotabaru.

Ketahanan Pangan Kotabaru Ir. H. Akhmad Asbili mengatakan, tugas pokok DKP diantaranya membantu kebijakan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembanguan di bidang pangan. Selain itu juga berfungsi sebagai pelaksana pembina, pelaksana kebijakan dan pelaksana bimbingan dibidang ketahanan pangan serta sebagai perumusan program pengembangan yang sesui dengan tugas pokok, kebijakan dan pedoman yg ditetapkan pemerintah daerah.

Kepala Sinlog Bulog Kotabaru Riri mengatakan, tentang gudang pengolahan gabah atau beras yang ada di Kab Kotabaru dan Kab Tanah Bumbu. Kapasitas muatan dalam gudang yang ada di Kab Kotabaru berjumlah 2000 ton beras sedangkan di Kab tanah bumbu bisa menampung 500 ton beras. Gudang Bulog juga menyimpan kebutuhan pokok diantaranya gula pasir, gandum dan minyak goreng.

Ketua Tim Sergap Kolonel Inf Benny mengatakan, Tim sergap selalu melaksanakan sosialisai ke wilayah yang ada di Indonesia guna memajukan kesejahteraan masyarakat. Dilihat dari kerjasama baik pemerintah, pok tani dan para Babinsa/Bhabinkamtibmas. Kabupaten Kotabaru sudah cukup bagus dalam memajukan bidang pertanian akan tetapi masih rendahnya kesadaran petani kepada pemerintah salah satunya adalah suplay gabah/beras ke Bulog, sehingga Bulog dalam penyerapan gabah petani agak menurun. Saya menghimbauan kepada para mitra tani agar selalu menyalurkan 10% gabahnya ke Bulog ini bertujuan beramal untuk membantu masyarakat lain, selain itu juga bertujuan mensukseskan progam pemerintah dalam mengatasi kemiskinan dan ekonomi masyarakat. 

"Tim Serapan gabah petani TNI - AD turun ke wilayah teritorial  Kodim 1004/Kotabaru bertujuan meningkatkan ketahanan pangan, pemantuan secara langsung sergap wil Kab Kotabaru terhadap pencapian target serap gabah petani. Untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan antara TNI dan Rakyat, membantu ketahanan pangan sesuai dengan program Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah yang di bantu dari TNI sebagai wujud komitmen dan harapan masyarakat guna peningkatan kesejahteraan.

Selain itu juga dukungan TNI kepada mitra petani ini sangat bermanfaat selain dapat meningkatkan kinerja dalam bertani sekaligus memupuk tali solidaritas yang kuat dalam mengatasi permasalahan pangan. Dengan demikian semua program bisa tercapai dengan maksimal dan sesuai target yang sudah ditentukan Pemerintah Pusat. Dari Hasil gabah petani kiranya bisa diserap oleh Bulog sebagai bentuk kepedulian pemerintah guna membantu kesejateraan dan meningkatkan kerja petani walau pun gabah dalam kualitas rendah. Kelompok tani dan masyarakat merespon baik dgn diadakannya Rapat Koordinasi Tim Sergap dengan harapan dapat meningkatkan hasil dan kwalitas gabah/beras yang tanam. (Red)

Tidak ada komentar: