Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Pemkab Kotabaru Gelar Apel Peringatan Hut PGRI Ke - 73

Suarabamega25.com- Pemkab Kotabaru gelar apel Peringatan HUT PGRI Ke -73  Tahun, Senin (26/11/18) 2018 di halaman Kantor Bupati Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri Bupati Kotabaru, Kadis Pendidikan Kotabaru, Ketua TP PKK Kotabaru,Forkopimda Kotabaru, SKPD, Pensiunan mantan purna  Guru, Anak -anak murid sekolah, SMP, SMA, Mahasiswa dan Guru -guru.

Bupati kotabaru Sayed Jafar, S.H menyampaikan pidatonya sambutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengatakan, Alhamdulillah, hari ini kita peringati Hari Guru Nasional Tahun 2018   dengan  penuh  rasa  syukur  ke  hadirat  Allah  SWT, Tuhan  yang  Maha Kuasa,  karena rahmat dan anugerahnyalah hari ini kita masih bisa berkhidmat dan mengabdikan diri di dunia pendidikan demi kemajuan dan kecerdasan putraputri bangsa Indonesia.
"Atas nama pribadi dan Pemerintah,  saya menyampaikan ucapan selamat kepada semua guru dan tenaga kependidikan Indonesia, baik yang ada di dalam maupun di luar negeri. Terima  kasih dan penghargaan yang  setinggi-tingginya, juga kami sampaikan atas dedikasi,  komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. c. Dalam kesempatan yang sangat baik ini pula, mari kita berdoa,  semoga martabat guru semakin  dijunjung tinggi seiring dengan  meningkatnya  profesionalisme,  yang diikuti dengan peningkatan kesejahteraan, dan dedikasi dalam menjalankan tugas mulianya.
Di  tengah-tengah perayaan Hari  Guru Nasional ini, bangsa  Indonesia  sedang menghadapi keprihatinan atas beberapa bencana. Dua yang terbesar baru terjadi di Nusa Tenggara Barat dan  Sulawesi Tengah. Tidak kurang  dari 22 ribu orang guru dan tenaga kependidikan  serta peserta didik  telah menjadi korban, baik yang meninggal dunia, luka berat,  kehilangan sanak keluarga,  maupun yang kehilangan tempat  tinggal. Doa terbaik dari kita  semua untuk para guru dan tenaga  kependidikan yang terdampak  bencana  tersebut. Semoga  Allah  SWT senantiasa memberikan  ketabahan dan kekuatan kepada  para guru beserta keluarganya. 

Kata Jafar," Tema Hari Guru  Nasional  tahun  2018 adalah “Meningkatkan  Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI”. Tema tersebut dipilih  mengingat tantangan pendidikan di abad XII  semakin berat. Hal ini  meniscayakan peningkatan profesionalisme menyangkut sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan  kualitas agar memiliki kompetensi  yang sesuai dengan perkembangan zaman.
"Revolusi industri keempat yang sudah merambah ke semua sektor harus disikapi dengan arif karena  telah mengubah peradaban  manusia secara fundamental. Untuk itu, diperlukan guru yang  profesional, guru yang mampu  memanfaatkan kemajuan  teknologi informasi yang supercepat  tersebut untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar  pada setiap satuan pendidikan  dalam rangka mempersiapkan  sumber daya manusia (SDM) yang unggul dengan kompetensi global.

"Akan  tetapi, walaupun teknologi  informasi berkembang demikian  cepat dan sumber-sumber belajar  begitu mudah diperoleh, peran  guru sebagai pendidik tidak  tergantikan oleh kemajuan  teknologi tersebut. Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar,  membimbing, mengarahkan,  melatih, menilai, dan mengevaluasi  setiap peserta didik. Oleh sebab  itu, profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian; guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Tugas guru sebagai pendidik adalah menanamkan nilai-nilai dasar  pengembangan karakter peserta  didik dalam kehidupannya,  termasuk dalam pemanfaatan  kemajuan teknologi informasi secara bijak serta sebagai inspirator bagi anak didiknya.(Ebet)

Tidak ada komentar: