Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

TNI Dukung Penuh Polri Kawal Agenda Nasional di Tahun Politik

Suarabamega25.com – TNI mendukung penuh Polri pada pelaksanaan hajat politik yang sudah didepan mata. Ribuan pasukan TNI dilibatkan pada acara apel kesiapan untuk membantu tugas Polri dalam rangka mengawal sejumlah agenda penting pengamanan pada Perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019 dan tahun politik pada Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 di lapangan Silang Monas,  Jakarta Pusat,  Jumat (30/11/2018).

Acara ini dihadiri Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan sejumlah petinggi Polri serta Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersara unsur lainnya. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menekankan prajuritnya bersikap netral dalam pileg maupun pilpres nanti. TNI juga sudah membagikan buku panduan kepada prajurit terkait soal ini.

“Kemarin serah terima jabatan KASAD saya tekankan soal netralitas dan buku tentang netralitas TNI juga sudah dibagikan kepada seluruh prajurit sebagai pegangan prajurit melaksanakan pengamanan Pemilu 2019 nanti,” kata Hadi di Lapangan Monas Jakarta Pusat, Jumat (30/11/2018).

Hadi menjelaskan sedikitnya 50 ribu personel gabungan dikerahkan lebih dalam pengamanan Pemilu. Jumlah itu setara dengan jumlah pasukan yang ikut apel hari ini. “Yang kita kerahkan untuk apel mewakili seluruh prajurit yang ada di Indonesia. Dari TNI sendiri berjumlah 43 ribu dan kepolisian 9 ribu jadi lebih dari 50 ribu kekuatan dan hampir sama dengan kekuatan TNI yang akan kita kerahkan nanti dalam pengamanan pesta demokrasi pileg maupun pilpres,” ujarnya.
Pemetaan terhadap daerah rawan konflik menjadi domainnya Polri. Adapun TNI sifatnya hanya membantu dalam pengamanannya saja. “Nanti akan diberikan oleh Kepolisian Republik Indonesia karena yang mengetahui adanya polri dan kita akan perbantukan di wilayah rawan tersebut,” kata Hadi.

Jumlah 50 ribu personel yang dikerahkan gabungan dari Angkatan Darat,  Angkatan Laut,  Angkatan Udara dan Polri yang didukung alutsista dari ke tiga Angkatan diantaranya TNI AD: Tank Leopard, Meriam Caesar,  Buamaster, Panser Anoa,  Panser Komodo, Tank Scorpion, Tank Stomer,  Meriam 57 Mm, Radar MCP Poprad,  Panser V 150, Meriam 76 Mm Saluting Gun,  Helly Bell-412, Helly Bolcow,  dan Helly Apache.
Sementara dari TNI AL yakni Lvt-7 A1, BNp 3f,  Btr 4, dan Roket Mlrs Vampire Grad. Kekuatan dari TNI AU yakni Helly Canacal,  Helly Sp,  Helly Colibri,  Oerlikon, Smart Hunter,  dan Gps Jammer.

Sumber: Seruindonesia.com

Tidak ada komentar: