Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Mubadala Petroleum Gelar Pelatihan Penatakelolaan Sampah

Suarabamega25.com-Jelang awal tahun 2019, Mubala Petroleum, salah satu perusahaan migas yang beroperasi di Wilayah Kerja Blok Sebuku Kabupaten Kotabaru dan DPD LDII Kotabaru menggelar pelatihan penatakelolaan sampah melalui Program Sosialisasi dan Pelatihan Manajemen Sampah Rumah Tangga dan Bank Sampah, kepada warga Desa Hilir Muara, Sabtu (19/01/19), bertempat di Kantor Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kotabaru.

Pelatihan diikuti puluhan warga yang didominasi para ibu rumah tangga dan di hadiri oleh  Bhabinkamtibmas Desa Hilir, Brigadir Erfian, Perwakilan Kantor Kecamatan Pulau Laut Utara, Bakhri, Staff PT. Mubadala Petroleum, Ruly Benaputra, Kepala Desa Hilir Muara, H. Nurdin, S.E, Jajaran Perangkat Desa Hilir Muara dan tokoh Masyarakat dengan dukungan penuh dari PT. Mubadala Petroleum melalui Senior Officer CSR, Ruly Benaputra.

Kepada awak media, Staff CSR PT. Mubadala Perroleum, Ruly Benaputra, mengatakan pelatihan ini sebagai wujud tanggung Jawab LDII sebagai ormas Islam yang ada di Kabupaten Kotabaru,  adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih warga Desa Hilir Muara dalam pengelolaan sampah domestik, dengan memberikan pendampingan, penguatan organisasi, membantu memfasilitasi terkait penatakelolaan bank sampah menuju Desa yang bersih sampah, hijau, kreatif untuk bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dan mengangkat perekonomian desa.
“Sampah rumah tangga jika dikelola bernilai ekonomi dan menjadikan lingkungan desa menjadi lebih bersih, di beberapa tempat dijumpai desa yang sebelumnya langganan banjir, setelah dilakukan pengelolaan sampah di daerah tersebut, bahkan bisa menjadi desa tujuan wisata, Pihak Mubadala optimis di Desa Hilir Muara ini juga bisa, tidak perlu menunggu, asalkan warga dan Perangkat Desa bersinergi untuk menggalakan keberadaan bank sampah ini menjadikan Desa Hilir Muara bisa sebagai percontohan kepada bagi desa yang lainnya," imbuh Ruli.

Sekretaris DPD LDII Kotabaru, Suryana, S.E sebagai Narasumber dalam penjelasannya menyampaikan, pentingnya pengelolaan sampah rumah tangga, karena dengan mengelola bank sampah bisa mendapat tambahan penghasilan dan menjadikan lingkungan lebih bersih.
Di tempat yang sama Kepala Desa Hilir Muara, Nurdin S.E, mengatakan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, harapannya setelah dilaksanakan kegiatan ini, masyarakat bisa melakukan pengelolaan  sampah rumah tangga secara mandiri, Desa Hilir Muara bisa menjadi desa yang bersih, asri, dan bisa menjadi desa tujuan wisata di wilayah Pulau Laut Utara.

Senada dengan itu Tokoh Warga Desa Hilir Muara, H. Armansyah mengatakan, sangat senang dan menyambut baik kegiatan ini dan berharap desa mereka akan lebih bersih setelah kegiatan ini, karena warga sadar terhadap pengelolaan sampah, Armansyah berharap mudah-mudahan kedepannya program ini dapat terwujud sesuai harapan kami semua. (Dhani).

Tidak ada komentar: