Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Obati Kerinduan Akan Abah Guru Sekumpul di Puncak Haul Ke 14

Suarabamega25.com - Hari puncak Haul ke-14 Tuan Guru Al Allimul Al Allamah Al Arifbillah As Syekh KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul digelar malam ini. Jutaan jamaah memadati Kelurahan Sekumpul dan sekitarnya.
Gema Dzikir membahana di seluruh Sekumpul membuat setiap jamaah yang hadir larut dalam suasana khusuk, sekumpul menjadi lautan manusia, juga merupakan Haul terbesar se Asia, jamaah yang hadir dari orang tua, muda, pria, wanita, orang biasa dan pejabat, alim ulama dan para habaib dari berbagai daerah bahkan mancanegara, membaur dalam acara haul Ke-14 Abah Guru Sekumpul, Minggu (10/3/19).
Mereka memenuhi Mushola Ar Raudah dan seluruh gang sekeliling Mushola Ar Raudhah tempat dilangsungkannya haul, jalan di sekitaran Kelurahan Sekumpul sudah dipadati kendaraan rombongan jamaah dari luar daerah berdatangan sebelum malam puncak di gelar.
Dari pantauan awak media, masing-masing rombongan terlihat mencari tempat peristirahatan, ada singgah di Masjid, ada pula yang langsung menuju ke penginapan gratis, sebagian jamaah juga ada yang menuju ke Kubah Abah Guru Sekumpul untuk berziarah. Kondisi itu yang membuat Jalan Sekumpul dari Simpang Empat Lampu Merah, Sekumpul hingga ke Mushala Ar Raudah macet. Para relawan jalur terlihat sibuk mengatur arus lalu lintas.
Sementara itu, di dapur umum para relawan haul terlihat sedang sibuk memasak bumbu dan memotong daging, sedangkan, di posko penginapan gratis para relawan sedang sibuk menerima para jamaah dari luar daerah yang ingin menginap.

Rombongan jamaah menggunakan bus besar terlihat berdatangan. "Sudah banyak yang datang, ada dari Kaltim, Kalteng, Tanah Bumbu, Kotabaru dan sekitar Kalsel," kata Relawan Haul, Muhammad Jainuddin.
Dia mengungkapkan, tahun ini mereka telah menyiapkan sekolah dan toko kosong untuk penginapan gratis. "Tahun lalu belum dibuka, baru tahun ini kami antasipasi kepadatan jamaah " ungkapnya.

Sedangkan, untuk jumlah relawan yang disiapkan, Koordinator Posko dan Jalur H. Abdel mengungkapkan, di Haul Guru Sekumpul tahun ini ada 10 ribu lebih relawan.
Semua akan disebar di seluruh posko dan jalur. "Semua akan bekerja keras untuk melancarkan lalu lintas dan membantu jamaah," ungkapnya.
Untuk jumlah posko sendiri, panitia sepakat tahun ini telah membuka posko. Bertambah dibandingkan pada Tahun lalu. Itu dilakukan guna mendukung kelancaran acara haul, yang diprediksi jumlah jamaahnya akan meningkat. "Penambahan juga dilakukan berdasarkan pengalaman haul di tahun-tahun sebelumnya, bahwa masih ada lokasi yang memerlukan adanya posko," katanya.

Dia menambahkan dari posko, ada beberapa diantaranya ialah posko singgah, di mana pada tahun lalu belum disediakan, namun karena dirasa perlu maka tahun ini panitia sepakat untuk membukanya.
Lokasi posko singgah sendiri berada di luar kawasan Kelurahan Sekumpul, yaitu banyak jamaah yang singgah karena kelelahan, usai menghadiri acara. untuk itu ada posko melayani para jamaah yang beristirahat tersebut," pungkasnya.

Menurut Weni Rahma Hayati, salah seorang jamaah dari Kotabaru mengaku pada tahun ini menghadiri haul Abah Guru Sekumpul. "Hanya dengan mengikuti haul kerinduan kami bisa terobati," katanya.
Dia mengaku, berangkat dari Kotabaru hari Selasa (05/03/19) bersama keluarga dan temannya, di mana keseluruhannya dari Kotabaru. "Kami berangkat dan sampai pas H-5 haul sudah sampai di sekumpul," ungkapnya.(Dhani)

Tidak ada komentar: