Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Panen Perdana Padi Gunung Kemitraan Kehutanan dan KPH

Suarabamega25.com - Puluhan orang Petani Hutan dalam satu kelompok tani Sinar Timur bisa menikmati panen raya padi gunung di Desa Kulipak Kecamatan Pulau Laut Timur Kabupaten Kotabaru, Senin 13 Mei 2019.

Kegiatan panen raya perdana merupakan salah satu program Agro forestry dari forum kemitraan Kehutanan antara KPH Pulau Laut Sebuku dengan Kelompok Tani Hutan Sinar Timur Desa Kulipak dengan luas lahan kurang lebih 30 hektar.

Hadir Kepala KPH Pulau Laut Sebuku, Kepala Dinas Ketahanan pangan dan Hortikultura, Danramil Pulau Laut Timur, Kapolsek Pulau Laut Timur, Kepala Desa Kulipak, sejumlah kelompok tani, dan tamu undangan lainnya.
Kepala KPH Pulau Laut Sebuku Ibu Dewi mengatakan, "perlu disampaikan bahwa di lokasi Desa Kulipak ini, melalui Kelompok Tani Sinar Timur telah diusulkan Kemitraan Kehutanan seluas 86 hektar, namun kegiatan yang sudah kita akan melalui KPH untuk kegiatan agro forestry dengan sumber dana dari APBN adalah seluas 30 hektar," katanya.

Jadi kombinasi tanaman antara tanaman kehutanan sengon dan kemudian kombinasi selainnya tanaman kehidupannya dalam jangka pendeknya adalah tanaman padi. Harapan kami Kegiatan ini tidak hanya sesaat karena ada kegiatan keproyekan namun lebih kepada pemberdayaan masyarakat," jelasnya.

Adanya masyarakat tidak hanya ditumbuhi satu jenis tanaman pokok saja, tapi juga kombinasi dengan tanaman lain yang juga berperan aktif dalam upaya ketahanan pangan, jadi salah satu objek nya adalah melalui penanaman dengan pola agro forestry," pungkasnya.
Kepala Dinas Ketahanan pangan dan Hortikultura Akhmad Asbili mengatakan, "kami sangatlah mendukung dengan kegiatan ini, sebab ini juga merupakan dari misi dan visi bapak Bupati Kotabaru," ucapnya.

Kecamatan Pulau Laut Timur sejak tahun 1980 dikenal dengan lumbung padi sampai dengan sekarang, semoga saja kegiatan ini terus berkelanjutan serta menambah usaha tani yang ada di Desa Kulipak," ungkapnya.

Ketua kelompok tani hutan Sinar Timur Syahransyah mengatakan, "kelompok kami beranggotakan sebanyak 24 orang dengan luasan tanam padi gunung 30 hektar, sedangkan padi gunung yang kami tanam dengan bibit jenis cantik dan buyung," katanya. Alhamdulillah hari ini kita bisa melakukan panen perdana, bisa menambah penghasilan rumah tangga dan juga untuk modal bertahan sampai nanti kita melakukan penanaman kembali," tambahnya.(MUD).

Tidak ada komentar: