Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Manaqib Habib Sholeh Tanggul (Hb. Sholeh bin Muhsin Alhamid

Suarabamega25.com - Beliau lahir di Korbah Ba Karman,Wadi ‘Amd, yaitu sebuah desa di Hadramaut Yaman pada tahun 1313 H.ayah beliau Habib Muhsin bin Ahmad Al-Hamid terkenal dengan sebutan Al-Bakry Al-Hamid,beliau seorang yang sholeh dan ulama yang sangat dicintai dan dihormati masyarakat manapun beliau berada.

Ibundanya adalah seorang wanita Sholehah bernama ‘Aisyah dari keluarga Al-Abud Ba Umar dari Masyaikh Al-‘Amudi. Beliau mulai mempelajari Al-Qur’an dari seorang guru yang bernama Syaikh Said Ba Mudhij,di Wadi ‘Amd,dikenal sebagai seorang yang sholeh yang tiada henti-hentinya berdzikir kepada Allah.Sedangkan ilmu fiqh dan tasawwuf beliau pelajari dari ayah beliau sendiri Habib Muhsin bin Ahmad Al-Hamid.
Pada usia 26 tahun,bertepatan tahun 1921 M,Habib Sholeh meninggalkan Hadramaut dan hijrah menuju Indonesia,beliau ditemani oleh Syaikh Fadli Sholeh Salim bin Ahmad Al-Asykariy. Sesampainya di Indonesia beliau singgah beberapa hari di Jakarta.Mendengar kedatangan Habib Sholeh,sepupu beliau Habib Muhsin bin Abdullah Al-Hamid,meminta Habib Sholeh untuk singgah di kediamannya dikota Lumajang.Lalu Habib Sholeh pun tinggal sementara di Lumajang. Setelah menetap beberapa waktu,kemudian beliau pindah ke Tanggul,Jember.Dan akhirnya beliau menetap di tanggul,hingga akhir hayat beliau.
Beliau berUzlah(Mengasingkan diri)selama hampir 7 tahun.sepanjang waktu selama beruzlah Habib Sholeh memperbanyak baca al-Qur'an ,Dzikir dan membaca Sholawat,Hingga Akhirnya Habib Sholeh Didatangi oleh tokoh Ulama yang juga Wali Quthub Habib Abu bakar bin Muhammad assegaf dari Gresik.
Habib Sholeh Diberi sorban hijau yang Sorban tersebut dari Rasululloh SAW dan ini menurut Habib Abu bakar assegaf adalah suatu Isyarat bahwa Gelar Wali Qhutub yang selama ini disandang oleh habib Abu bakar Assegaf akan diserahkan Kepada Habib Sholeh Bin Muhsin alhamid tanggul.Namun Habib sholeh Tanggul merasa bahwa dirinya merasa tidak pantas mendapat gelar Kehormatan tersebut. Sepanjang Hari habib Sholeh tanggul Menangis memohon kepada Allah agar mendapat Petunjuknya.

Dan suatu ketika habib Abu Bakar Bin Muhammad assegaf gresik mengundang Habib sholeh tanggul untuk berkunjung kerumahnya,setelah tiba dirumah habib Abubakar gresik menyuruh Habib Sholeh tanggul untuk melakukan Mandi disebuah kolam Milik Habib Abu bakar Assegaf gresik. setelah mandi habib Sholeh tanggul di beri Ijazah dan dipakaikan Sorban kepadanya.Dan hal tersebut merupakan Isyarat Bahwa habib Abubakar Bin Muhammad Assegaf telah memberikan Amanat kepada Habib sholeh tanggul untuk melanjutkan Da’wah kepada masyarakat.

Diantara Karamat Habib Sholeh tanggul.
Pernah suatu ketika habib Sholeh tanggul berpergian dengan habib Ali Al habsy Kwitang dan Habib Ali bungur dalam perjalanan Beliau melihat kerumunan Warga yang sedang melaksanakan sholat Istisqo’ ( Sholat minta hujan ) karena musim kemarau yang berkepanjangan.lalu Habib sholeh Memohon kepada allah Untuk menurunkan Hujan maka seketika itupula hujan turun.Beliau berpesan kepada jama’ah Majlis ta’limnya apabila do’a2 kita ingin dikabulkan oleh Allah Swt jangan sekali-kali kita membuat allah murka dengan melakukan Ma'shiyat.Muliakan orang tuamu dan beristiqomahlah dalam melaksanakan shalat shubuh berjama’ah.

Kata Abah Haji(Guru Zuhdi),,Dulu Habib Sholeh Tanggul punya uang 25 Rupiah.kebetulan ada pengemis minta sama beliau sebilangan uang yang Habib Sholeh punya yaitu 25 Rupiah. Kemudian Habib Sholeh memberikan sebilangan uang tersebut dengan tulus ikhlas kepada pengemis itu tadi.
Akhirnya si pengemis tadi berkata,,"Aku Khidir(Balya bin Malkan).nabi Khidir berucap kepada Habib Sholeh,Mintalah apa yang kau pinta niscaya aku kabulkan.

Kemudian Habib Sholeh berkata,,"Aku minta Kaya tapi tidak berusaha,aku minta 'alim tapi secukupnya saja belajar dan terakhir apabila aku berdo'a selalu qobul. Akhirnya nabi Khidir mengabulkan permintaan Habib Sholeh.maka dari itu Do'a Habib Sholeh Tanggul lebih cepat dari Kilat menyambar. Habib Sholeh wafat di Tanggul ketika senja pada hari Sabtu tanggal 8 Syawwal 1396 Hijriyyah ( 1976 M).

Beliau wafat setelah berwudhu dan sebelum sempat melaksanakan shalat Maghrib. Beliau Dimaqomkan pada hari Minggu tanggal 9 Syawwal 1396 Hijriyah setelah shalat Dzuhur di samping kiblat Masjid Riyadus Sholihin,Tanggul,Jember,Jawa Timur.
Salah Satu Anak Habib Sholeh Tanggul Adalah Hababah Fathimah binti Habib Sholeh bin Muhsin Alhamid(Habib Sholeh Tanggul).beliau masih hidup dan Saat ini umur beliau lebih 100 tahun.

Menurut berita,beliau sering bertemu Rasulullah dan Ayah beliau sendiri yaitu Habib Sholeh Tanggul secara mimpi dan yaqozatan.
Alhamdulillah dulu aLfaqir(Zein)pernah Sowan kerumah beliau dan minta do'a kepada beliau. Pesan beliau,,"Baca Shalawat Habib Sholeh Tanggul setelah selesai shalat fardhu minimal 3x dan paling banyak 41x." Fadhilat Shalawat itu adalah pertama Insya Allah do'a apa saja yang kita pinta cepat qobul,dan yang kedua menjadi obat segala penyakit.

Mudah-mudahan kita semua dapat berkah dari Shohibul Haul. Mudah-mudahan berkat beliau kita semua dikumpulkan didalam surga bersama Rasulullah, Datu Kalampayan dan Alhm.Guru DiSekumpul....Aamiin. Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid(Hb.Sholeh Tanggul).

Sumber Zein Ahbab Muhammad Zainuddin bin H.AbdurRahman.

Tidak ada komentar: