Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Mengenal Alat Polri yang Bisa Sedot Data Ponsel: Cellebrite UFED Touch



Suarabamega25.com – Polri punya Cellebrite UFED Touch, alat yang bisa menyedot data dari ponsel, meski data itu sudah terhapus sebelumnya. Seampuh apa kemampuan alat ini menyingkap data dalam ponsel?

Alat ini telah dipamerkan dalam perayaanHUT ke-73 Bhayangkara di lapangan Makodam V/Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (11/7) kemarin. Perangkat canggih ini merupakan salah satu koleksi Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Cabang Surabaya.

Alat yang dilengkapi layar sentuh ini ini adalah produk dari perusahaan Cellebrite. UFED adalah kependekan dari Universal Forensic Extraction Device atau Alat Ekstraksi Forensik Universal. Cellebrite UFED Touch sudah dirilis sejak 2012.



Dilansir Business Wire, Jumat (12/7/2019), alat ini punya kemampuan tinggi sebagai peranti investigasi pembaca sandi. Pangsa pasarnya memang para penegak hukum, militer, intelijen, perusahaan keamanan, dan industri pencari informasi.

Alat ini didesain untuk bisa bekerja cepat dan mudah dijinjing. Tak hanya ponsel pintar yang bisa direngkah oleh Cellebrite UFED Touch, tapi juga GPS portabel dan gawai tablet.

Ada 7.900 jenis perangkat yang bisa direngkah oleh Cellebrite UFED Touch, termasuk perangkat bersistem BlackBerry, Apple iOS, dan Android. Merek ponsel yang bisa dibobol antara lain Samsung, Motorola, Microsoft, Palm, Nokia, Apple, Garmin, dan Apple. Meski alat ini ditujukan untuk aktivitas penegakan hukum profesional, orang-orang dari kalangan non-teknis juga bisa dengan mudah memperoleh data dari perangkat-perangkat yang sedang diselidiki.

Data yang bisa disedot adalah data panggilan telepon, daftar nomor telepon, pesan teks (SMS), gambar, video, data audio, bahkan data yang sudah dihapus.

“UFED Touch ini sepuluh kali lebih cepat ketimbang teknologi pendahulunya, ini lebih intuitif untuk digunakan dan menyediakan ekstraksi data yang lebih mendalam bahkan dari perangkat yang dilindungi password dan enkripsi. Ini adalah alat yang paling ampu.

Sumber: Detik.com

Tidak ada komentar: