Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Bikin Bangga, Tarian Dayak Juara di Polandia, Kalahkan 16 Negara


Suarabamega25.com - Tarian Dayak yang dibawakan Laskar Pemuda Adat Dayak Kalimantan Timur (LPADKT) bersama Sanggar Nona Asri Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum pada "Poland Caravan Culture Festival Internasional 2016" yang digelar di Polandia, 5-10 Desember 2016.

"Pemprov Kaltim sangat bangga atas prestasi tersebut. Ini menunjukkan bahwa putra-putri Kaltim mampu berbicara di tingkat internasional," kata Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak ketika menerima peserta kontes "Poland Caravan Culture Festival Internasional 2016" di Samarinda, Kamis (22/12/2016).

Para penari berjumlah 15 orang tersebut, membawakan tarian Burung Enggang, yang merupakan tarian nusantara, berhasil meraih juara umum dan juara favorit untuk penampilan kostum yang digunakan. Pakaian yang digunakan adalah pakaian adat Dayak.

Awang menyatakan, hasil yang diterima tersebut menandakan bahwa Kaltim adalah bagian dari Indonesia.

"Ternyata, Kaltim juga memiliki keanekaragaman seni dan budaya yang diharapkan dapat dikembangkan ke kancah internasional. Ini menunjukkan, Indonesia tidak hanya Jakarta, Sulawesi maupun Sumatera dan Papua," katanya.

Pemprov Kaltim lanjut Awang, meminta seluruh pemerintah kabupaten/kota, terus menggali potensi seni dan budaya yang ada di masing-masing daerah, sehingga dapat menarik wisatawan mancanegara maupun nusantara, untuk berkunjung ke daerah itu.

"Dengan begitu daerah ini akan lebih banyak dikenal dan dikunjungi. Diharapkan dari hasil tersebut mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)," tuturnya.

"Kami harapkan, para wisatawan baik nusantara maupun mancanegara bisa melihat seni dan budaya daerah ini, karena Indonesia tidak hanya Bali atau Jakarta. Kaltim juga bagian dari NKRI," kata dia lagi.

Sementara, Ketua Rombongan Tim Budaya Indonesia Amanah Asri didampingi Ketua Umum LPADKT Vendy Meru mengatakan, tim Indonesia yang diwakili Kaltim berhasil mengalahkan 16 negara.

"Kita bersyukur karena baru ikut kejuaraan ini dan langsung menjadi juara. Sesuai pernyataan juri, tarian yang dibawakan anak-anak Kaltim sangat memukau sehingga patut menjadi juara umum. Tetapi, selain tarian khas Kalimantan para penari Kaltim juga membawakan tarian nusantara yang nuansanya Bhineka Tunggal Ika," kata Asri.

Pimpinan Anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Kaltim Novarita menimpali, dengan dinobatkannya tarian anak-anak Kaltim menjadi juara umum dan mampu membawa nama baik bangsa Indonesia, daerah itu sangat dituntut untuk menampilkan tarian khas Kaltim oleh masyarakat Indonesia maupun luar negeri.

"Diharapkan, putra-putri Kaltim mampu menyuguhkan tampilan yang lebih eksotik lagi. Masyarakat Indonesia dan wisatawan mancanegara sangat menginginkan putra-putri daerah ini menampilkan tarian Hudoq," katanya.

"Berdasarkan hasil rapat manajemen TMII, tarian Hudoq diminta tampil saat HUT ke-42 TMII pada 20 April 2017. Diharapkan, Kaltim mampu menampilkan 1.000 orang untuk menari Hudoq yang nanti akan disaksikan langsung Presiden Joko Widodo," tutur Novarita.

Tarian Hudoq yang diikuti 1.000 anak Kaltim tersebut rencananya akan mendapat catatan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). [Antara]

Tidak ada komentar: