Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Dandim 1004/Kotabaru Hadiri Rapat Koordinasi Paska Musibah Kebakaran


Suarabamega25.com - Dandim 1004/kotabaru, Letkol Inf Rony Fitriyanto hadiri rapat Koordinasi Paska Musibah Kebakaran, Selasa (26/11/19) diruang Aula Pukesmas Sungai Bali Kecamatan Pulau Sebuku Kab Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri Sekda Kotabaru, Dandim 1004/Kotabaru, Kepala Dinas BPMPD Kotabaru, Asisten II Kab Kotabaru,  BPD Kab Kotabaru, Kaposek Kec.  Pulau Sebuku,  Kadis Dishub Kotabaru, SKPD Kotabaru, Camat Pulau Sebuku Kab Kotabaru, Direktur PT. BCS Group, PT. Silo, Eksernal Opesel, Para Kepala desa dan Ketua Rt Pulau Sebuku.


Sekda Kotabaru Drs Said Akhmad, MM mengatakan, Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Kotabaru sudah meninjau di lokasi musibah kebakaran dan sesuai arahan beliau kepada para Kades ketua RT dan warga di Pulau Sebuku menyampaikan antara lain  Lokasi kebakaran akan dilakukan penimbunan/lahan Perumahan akan diratakan dengan tanah. Iidak ada lagi rumah panggung.

"Mencari solusi buat saluran sungai air laut seperti mencari teknis pembangunan rumah warga yang tertata rapi sehat dan tidak ada lagi kekumuhan dalam tatanan rumah warga. meminta pendataan Perumahan warga yang sesuai dan tidak menimbulkan permasalahan.


Kata Akhmad,"Penataan rumah warga di bangun dengan semi permanen atau terbuat bangunan beton atau layak huni. Penataan infrastruktur haruslah terencana dengan baik sesuai dengan teknik dan teknis di lapangan.

Dandim 1004/kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto S. Sos mengatakan, sangat mengapresiasi setinggi-tingginya atas kekompakan, kebersamaan dan kinerja para relawan baik dari TNI / Polri, BPBD, para relawan sampai para perusahaan yang terus bahu-membahu membantu para korban kebakaran di Pulau Sebuku sampai saat ini. Pemerintah daerah sampai pemerintah pusat sudah datang meninjau lokasi musibah kebakaran ini dan juga terus memberikan dukungan baik dukungan moril , tenaga sampai dengan dukungan anggaran.


"Mekanisme penampungan bantuan baik dari luar daerah maupun dari dalam daerah agar tetap terkoordinir dan tepat sasaran. Kepada seluruh perangkat desa di luar pada pulau Sebuku kiranya tetap saling bahu membahu membantu korban kebakaran. Hal lain juga yang sangat penting pendataan lahan milik warga para korban kebakaran secara ril dan santun baik dari segi luas lahannya.


Kata Rony,"Agar kedepan tidak menimbulkan permasalahan sesama warga hal ini terlihat banyakanya rumah yang terbakar baik di RT 1, 3 dan 4 yang mencapai 153 rumah dengan 155 Kk dan 405 jiwa. Perlunya kita untuk mendengarkan keluhan - keluhan para korban apa saja yang sangat diperlukan pada saat ini dan perlunya pembuatan MCK di lokasi pengungsian sementara.

Kades Pulau Sebuku Ujang Arhadi menyampaikan bahwa pada umumnya masyarkat desa Sungai Bali siap mendukung penataan yang diprogramkan pemerintah daerah demi kebaikan dan kemajuan desa Sungai Bali selanjutnya.


"Sebagai perwakilan permintaan warga dinataranya data - data pemungkiman masih dalam pengerjaan desa, meminta pelebaran jalan, meminta perbaikan sungai, permohonan alat dapur/alat memasak dan alat tidur bagi korban kebakaran, menyampiakn permasalah aliran listrik di pula sebuku dan menginginkan perbaikan pemungkiman paska musibah kebakaran.

Perwakilan PT. Silo Rusadi mengatakan, kami siap membantu dalam kebutuhan sebangko bagi para korban, siap memberikan penerangan bagi Pulau Sebuku sampai ada penerangan dari pemerintah dan siap selalu membantu dalam penimbuanan /pengurukan tanah kelahan lokasi kepakaran dan tetap menyalurkan bantuan air bersih kewarga korban kebakaran,"tutupnya.(Red)

Tidak ada komentar: