Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Beragam Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan


Suarabamega25.com - Kopi hitam merupakan salah satu jenis minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Selain memiliki rasa yang khas, minuman satu ini juga biasa digunakan untuk mengatasi rasa kantuk ketika sedang bekerja atau beraktivitas.

Kopi sendiri terkenal dengan kandungan kafeinnya. Ya, kafein memang sangat bermanfaat untuk tubuh, namun perlu diingat, takaran kafein yang masuk ke dalam tubuh hendaknya tetap dijaga agar tidak terlalu banyak. Takaran kafein yang terlalu banyak bisa menghasilkan energi berlebihan yang membuat Anda tetap terjaga di malam hari.

Manfaat kopi hitam untuk kesehatan
Berikut adalah 9 manfaat utama kopi hitam atau pahit tanpa gula yang penting untuk kesehatan:

1. Mengurangi Kerusakan Fungsi Kognitif pada Lansia
Bahkan hal ini telah dibuktikan oleh seorang ahli nutrisi dan diet yang bernama Joan Salge Blake dan penelitian tersebut pernah ditulis dalam American Journal of Epidemiology (edisi tahun 2002).



Wanita dan pria yang sering minum kopi hitam tanpa gula juga bisa memiliki saraf motorik dan sensorik yang sangat bagus. Penurunan fungsi saraf biasanya terjadi pada orang tua dan bisa menurunkan kemampuan aktivitas orang tua. Namun konsumsi secara teratur telah terbukti mengurangi semua jenis resiko penuaan yang berhubungan dengan saraf.

2. Mengurangi Potensi Diabetes
Manfaat kopi pahit tanpa gula memang salah satu minuman yang sangat bagus dalam mengurangi potensi kenaikan kadar gula dalam darah. Kopi juga berfungsi untuk melancarkan proses metabolisme sehingga membuat produksi hormon insulin bisa dilakukan sesuai kebutuhan tubuh. Orang yang bisa mengonsumsi minuman ini secara rutin dapat meningkatkan produksi insulin dan menyeimbangkan hormon yang mengatur produksi insulin.

3. Mendukung Kesehatan Tulang
Kekurangan kalsium menjadi salah satu hal yang paling sering menyebabkan penyakit tulang. Penyakit ini lebih sering terjadi pada orang tua terutama wanita yang sudah mengalami menopause. Hal ini disebabkan karena masa kalsium dalam tubuh tidak bisa diserap oleh tulang dengan baik. Kalsium yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah semua jenis keluhan pada tulang baik untuk wanita dan pria

Baca Juga:  Dokter Temukan Cara Diagnosa Autisme Sebelum Gejala Muncul
manfaat kopi hitam pahit
4. Meningkatkan Produktivitas
Minuman pahit satu ini selain terkenal sangat baik untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh dan bisa meningkatkan produktivitas. Kafein juga bisa mengirimkan efek stimulan pada saraf pusat sehingga bisa meningkatkan proses oksidasi lemak dan melancarkan proses metabolisme.



5. Mencegah depresi
Manfaat kopi hitam salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya depresi dengan menenangkan pikiran dan membuat semua terasa lebih santai. Depresi biasanya disebabkan karena tidak berjalannya suatu harapan sesuai dengan kenyataan yang ada. Bentuk dari kekecewaan tersebut dapat menjadikan depresi yang berlangsung lama ataupun sebentar saja tergantung daya tahan individu.

6. Memperlancar metabolisme tubuh
Agar metabolisme tubuh menjadi lancar dan kinerja organ terjaga, kopi hitam dapat memberikan manfaat tersebut. Manfaat kopi hitam yang satu ini cukup menjanjikan karena sudah memiliki banyak bukti.

7. Meningkatkan daya ingat
Manfaat selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya ingat terhadap sesuatu. Seiring dengan pertambahan usia semua orang akan mengalami kemunduran daya ingat. Untuk mencegah hal ini agar tidak terjadi lebih awal sebaiknya rajin mengonsumsi kopi hitam yang berfungsi untuk meningkatkan daya ingat. Sehingga tidak hanya cocok untuk dikonsumsi oleh orang dewasa namun anak anak dalam usia pertumbuhan juga dibolehkan untuk mengonsumsi minuman satu ini. Namun tetap ingat untuk selalu mengonsumsi kopi hitam dalam jumlah yang cukup dan tidak boleh berlebihan.

8. Meredakan sakit kepala
Anda tidak akan percaya saat membaca ini. Tapi percayalah bahwa salah satu manfaat kopi hitam adalah mengatasi sakit kepala. Kopi hitam dapat menenangkan pikiran sehingga menjadi aman. Namun ingat untuk tidak mengonsumsi kopi hitam dalam jumlah yang berlebih. Konsumsilah sebatas yang anda butuhkan saja.



Baca Juga:  Stres Mengganggu Metabolisme & Jenis Makanan Untuk Memperbaikinya
9. Mencegah Diabetes
Jika Anda mengonsumsi kopi hitam secara teratur, manfaat kopi akan terasa sebagai pencegah diabetes. Sebagaimana yang kita tahu, penyakit diabetes disebabkan karena berkurangnya kemampuan hormon insulin untuk mengatur kadar gula dalam darah. Diabetes dapat disebabkan karena faktor genetik dan juga pola hidup yang tidak sehat jadi untuk mencegah diabetes perlu menerapkan pola hidup sehat seperti gemar mengonsumsi sayuran dan buah buahan serta rajin berolahraga.

Pertimbangan dalam konsumsi kopi hitam
Pada dasarnya Anda dapat memperoleh berbagai manfaat dari mengonsumsi kopi jika dikonsumsi secara teratur, terutama tanpa menggunakan tambahan gula. Hal ini karena adanya kandungan kafein yang dapat memberikan tambahan energi, stamina, serta beberapa manfaat lainnya.

Namun hal yang perlu diperhatikan adalah batasan dalam mengonsumsinya. Meskipun bermanfaat, konsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Sebagai contoh tubuh akan mengalami beberapa masalah kesehatan, seperti gangguan pada jantung dan gangguan pencernaan.

Selain itu, hindari minum dalam kondisi perut masih kosong. Dengan kata lain Anda perlu mengisi perut Anda dengan makanan sebelum minum kopi. Disamping hal tersebut, Anda juga perlu mengimbanginya dengan banyak minum air putih agar kesehatan ginjal Anda tetap terjaga.

Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat kopi hitam untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat.

Tidak ada komentar: