Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Sri Mulyani Ingin 75.000 Desa Dipimpin Kades Berkualitas


Suarabamega25.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, setiap desa perlu dipimpin oleh pihak-pihak yang memang punya kapabilitas dalam mengelola anggaran desa. Pasalnya, ada 75.000 desa di Indonesia yang selalu mendapat kucuran dana desa.

Setiap tahun desa-desa tersebut mendapatkan aliran dana dari pemerintah pusat sebesar Rp900 juta hingga Rp3 miliar. Tahun ini, anggaran dana desa mencapai Rp72 triliun.

Anggaran yang besar ini sayangnya belum dibarengi dengan pengelolaan dana desa yang kredibel. Lantaran, banyak pengaduan yang diterimanya terkait penyelewengan penggunaan dana desa, bahkan muncul banyak desa fiktif.

"Memang beberapa sarjana yang bagus jadi kepala desa kalau betul-betul commited, hasilnya sangat amazing," ujar Sri Mulyani Sri Mulyani dalam pidatonya di BRI Group Economic Forum, Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Sri Mulyani mencontohkan, salah satu desa yang berhasil mengelola anggaran dengan baik adalah Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Desa ini mampu bertransformasi dan mendapatkan kas daerah dari hasil pengembangan sumber daya lokal.



"Itu awalnya desa yang cuma punya Rp 20 juta kas desa, tiba-tiba sekarang menghasilkan Rp15 miliar dari BUMDes. Hanya gara-gara mata air, yang di situ dibersihkan, semua ditata, sekarang jadi instagramable, orang-orang foto pre wedding di situ. Jadi dia dapat penerimaan asli dari desanya," katanya.

Oleh sebab itu, dia menilai jika kepala desa yang menjabat memang benar-benar bertanggung jawab, pasti bisa melakukan perubahan kesejahteraan bagi penduduk desa. Dia ingin, setiap desa bisa memanfaatkan aliran dana desa dengan tepat untuk kemajuan desa tersebut.

"Kalau kita punya punya 75.000 orang bagus ditaruh di desa, that make a lot of change secara fundamental. Sekarang ini 75.000 masih 20.000 desa yang miskin dan tertinggal, meski ada yang sudah mandiri dan maju," ujarnya.

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar: