Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Pangkat Dan Kemulian Abah Guru Sekumpul


Suarabamega25.com - Dalam manaqib abah guru sekumpul yang dikarang oleh guru Hudhari bahwa abah guru menempati derajat wali qutub dan 'arif billah menjalani suluk selama 30 tahun.

Memang qutub dizaman itu dipegang oleh habib Abdul Qodir bin Ahmad Asseghaf di Jeddah.Tapi abah guru  memiliki kerajaan sendiri dibawah naungan datu beliau yaitu datu Arsyad kalampayan dan Syaikh Semman Al Madani. Ketika abah guru berumur 7 tahun sudah bermimpi Rasulullah SAW dan pada saat umur 10 tahun beliau bertemu Rasulullah saw secara langsung dalam keadaan jaga saat dirumah guru Zainal Ilmi dalam pagar.

Salah satu yang diajarkan guru Zainal Ilmi kepada abah guru sekumpul adalah masalah ruh karena guru Zainal Ilmi berpangkat Kutubur Ruh dan Wali Abdal. Umur 20 tahun abah guru mulai menjalani suluk sampai berumur 50 tahun dengan jalan Nur Muhammad yang diajarkan datu Muhammad Gadung.


Dengan menjalani suluk selama 30 tahun abah guru sekumpul sangat banyak mendapatkan ilmu-ilmu sehingga beliau sangat kenal dan dekat dengan Allah Subhanahu wa ta'ala maka dari itu beliau bergelar Al Arif Billah. Sebanyak 48 macam thoriqot dikuasai beliau dan semuanya washil atau bersambung ke Rasulullah SAW sama dengan thoriqot yang dikuasai tuan guru Sya'rani Arif.

Salah satunya adalah thoriqot Sammaniyyah yang di ijazahkan beliau kepada kita semua. Guru Hudhari juga menuliskan dimanaqib ini bahwa dibelakang bahu abah guru ada tanda huruf Mim,menandakan nama Muhammad yang artinya khalifah datu Arsyad Kalampayan yang menandakan sama derajat wali qutub dengan datu beliau. Ini sebahagian manaqib abah guru sekumpul yang dikarang oleh Guru Hudhari Al-Banjari yang manaqibnya berbahasa arab. Subhanallah.

Mudahan menambah mahabbah kita semua kepada Rasulullah, Auliya Allah,dan orang-orang sholeh.

امين.امين امين يا رب العالمين
اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ﷺ

Tidak ada komentar: