Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

10 Manfaat Vitamin B12, Cara Konsumsi dan Efek Sampingnya


Tubuh memerlukan nutrisi agar dapat bekerja secara optimal. Nutrisi yang diperlukan tubuh sebagian besar terdapat dalam makanan dan minuman sehat.

Tubuh memerlukan berbagai nutrisi mulai dari karbohidrat, protein, mineral, serta, juga berbagai vitamin. Umumnya, orang hanya mengetahui makanan yang mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, juga vitamin D saja.

Jenis vitamin di atas tentu bermanfaat untuk kesehatan dan nutrisi tubuh, tapi tahukah Toppers ada pula vitamin B12 yang ternyata juga memiliki segudang manfaat untuk tubuhmu?

apa itu vitamin b12
Sumber Gambar: Medical News Today
Vitamin B12 merupakan salah satu vitamin yang masuk ke dalam kelompok vitamin B kompleks. Vitamin B12 atau yang dikenal sebagai Cyanocobalamin ini adalah jenis vitamin yang larut dalam air.

Berbeda dengan vitamin pada umumnya yang dapat diproduksi di dalam tubuh, vitamin ini terikat pada protein dalam makanan. Jenis makanan yang menjadi sumber vitamin B12 terdapat pada ikan, daging, telur, dan produk olahan susu.

Asam di dalam perut melepaskan vitamin B12 yang terdapat pada makanan-makanan tersebut pada saat pencernaan. Nantinya, vitamin B12 bergabung dengan komponen lainnya agar bisa diserap ke aliran darah.

Lalu, apa sih sebenarnya fungsi atau manfaat vitamin B12 bagi kesehatan tubuh kita?



Produk Kesehatan / GoApotik
Temukan segala kebutuhan produk kesehatan secara cepat dan praktis di sini!
Baca Juga: Jaga Kesehatan Kulit dengan 12 Produk Suplemen Vitamin E Terbaik
Fungsi & Manfaat Vitamin B12

fungsi & manfaat vitamin b12
Sumber Gambar: Xtend Life
Tidak banyak yang tahu bila manfaat vitamin B12 ternyata banyak dan baik untuk kesehatan tubuh. Tidak jarang juga orang abai akan manfaat vitamin B12 ini.

Padahal, bila kekurangan vitamin B12 orang akan mengalami anemia yang mana dalam hal ini kekurangan sel darah merah atau fungsi sel darah merah tidak berfungsi dengan baik.

Nah, berikut ulasan mengenai manfaat vitamin B12, simak baik-baik ya!

1. Mencegah Anemia
Seperti yang telah disebutkan di atas, manfaat vitamin B12 dapat dirasakan untuk mencegah anemia. Vitamin B12 bekerja membantu tubuh memproduksi sel darah merah.

Anemia sendiri merupakan kondisi kekurangan darah yang ditandai dengan gejala seperti lemah, letih, lesu, juga kulit yang memucat.

2. Mencegah Demensia
Manfaat vitamin B12 lainnya yakni mencegah demensia. Terdapat satu penelitian yang menyatakan bahwa kurangnya kadar vitamin B12 dapat memperburuk memori.

Demensia adalah sebuah penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat juga cara berpikir. Perlu diingat, demensia berbeda dengan pikun ya Toppers.

Demensia bisa berdampak pada aktivitas sehari-hari penderitanya mulai dari gaya hidup hingga kemampuan bersosialisasi.

3. Mengurangi Risiko Cacat Lahir
Fungsi vitamin B12 selanjutnya adalah mengurangi risiko cacat lahir. Jumlah vitamin B12 yang diperlukan oleh wanita hamil yakni kurang lebih 250 mg/dL untuk perkembangan otak janin dan sistem saraf.

Kekurangan vitamin B12 di masa awal kehamilan dapat menyebabkan kelahiran prematur atau keguguran. Untuk itu, sebaiknya wanita hamil juga mengkonsumsi susu ibu hamil sebagai cara untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12.

4. Mencegah Osteoporosis
Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin B12 memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah. Resiko akan kepadatan tulang yang rendah ini umumnya terjadi pada wanita.

Kepadatan tulang yang rendah ini lama kelamaan membuat tulang mudah rapuh, sehingga dapat meningkatkan resiko terkena osteoporosis.

5. Mengurangi Risiko Degenerasi Makula
Selanjutnya, vitamin B12 juga dapat mengurangi risiko degenerasi makula. Degenerasi makula adalah gangguan penglihatan yang terkait dengan penuaan, sehingga umumnya terjadi pada orang dengan usia lanjut.


Vitamin anak
Jaga daya tahan tubuh si kecil agar terhindar dari penyakit dan tetap aktif!
Baca Juga: Jauhkan Si Kecil dari Penyakit dengan 10 Vitamin Daya Tahan Tubuh Anak Terbaik
6. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat vitamin B12 lainnya yakni menjaga kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi makanan maupun suplemen yang mengandung vitamin B12, akan menurunkan homosistein.

Homosistein ini merupakan asam amino yang digunakan untuk mensintesis protein yang dikonsumsi di dalam tubuh. Namun, bila terlalu banyak homosistein akan menyumbat pembuluh darah.

Dengan begitu, darah tidak akan mengalir menuju jantung yang mana nantinya darah akan menggumpal sehingga jantung tidak bekerja dengan normal.

7. Mengatasi Stres Ringan dan Gejala Depresi
Vitamin B12 diketahui dapat mengatasi stres ringan dan gejala depresi. Dengan adanya vitamin jenis ini, hormon serotonin dapat dimetabolisme.

Sehingga hormon tersebut dapat menstabilkan emosi serta memunculkan perasaan tenang dan bahagia.

8. Mencegah Kekurangan Zat Besi
Orang dengan kekurangan zat besi dapat mengalami pendarahan gangguan jantung dan paru-paru. Bahkan kekurangan zat besi dapat menyebabkan kematian lho Toppers.

Sebab, zat besi penting dalam pembentukan sel darah merah yang mana dapat mengakibatkan gangguan pada pembentukan hemoglobin.

Sehingga penyebaran oksigen ke seluruh tubuh dapat terganggu.

9. Memberikan Energi Tambahan
Manfaat vitamin B12 lainnya adalah memberikan energi tambahan. Dengan bantuan vitamin B12 dapat mengubah karbohidrat menjadi glukosa sehingga dapat memberikan energi pada saat beraktivitas.

10. Meningkatkan Kesehatan Rambut, Kulit dan Kuku
Terakhir, manfaat vitamin B12 juga penting dalam menjaga kesehatan rambut, kulit juga kuku. Vitamin B12 membantu proses regenerasi sel kulit baru, sehingga kulit lebih sehat.

Tidak hanya itu, vitamin B12 berguna untuk kecantikan kulit wajah dari penuaan dini, mengurangi risiko perubahan warna kuku, vitiligo (hilangnya warna kulit pada bercak), juga stomatitis sudut (sudut mulu meradang dan pecah).


Lemak Omega 3
Penuhi kebutuhan Omega 3 dengan suplemen berkualitas terbaik di sini!
Baca Juga: Perkuat Daya Tahan Tubuh dengan 10 Merk Vitamin C Terbaik
Cara Mengonsumsi/Dosis Vitamin B12

cara mengonsumsi vitamin b12, efek vitamin b12
Sumber Gambar: The Healthy
Perlu diketahui, untuk mengkonsumsi vitamin B12 ini harus memperhatikan dosis juga kebutuhan. Dosis vitamin B12 ini diukur dalam satuan mikrogram (mcg), dan diberikan tergantung pada tingkat keparahan, kondisi kesehatan, juga respons tubuh pasien terhadap vitamin tersebut.

Untuk orang dewasa, dosis vitamin B12 kurang lebih 125-2000 mcg untuk beberapa waktu. Dosis ini merupakan rekomendasi dari Recommended Dietary Allowance (RDA).

Dalam bentuk obat atau suplemen vitamin B12, kadar dosis vitamin B12 yang sebaiknya mulai dari tablet 100 mcg, 200 mcg dan 1000 mcg.

Untuk pemberian vitamin B12 dengan cara injeksi/suntik sebaiknya tidak lebih dari 1000 mcg/mL.

Peringatan Konsumsi Vitamin B12
Untuk mengkonsumsi vitamin B12, tentunya kamu harus memperhatikan kebutuhan tubuh dan nutrisi mu terlebih dahulu. Sebab, vitamin B12 mengandung alumunium yang bila diberikan secara berlebihan akan membahayakan.

Sebaiknya, kamu mengkonsultasikan dalam penggunaan vitamin B12 ke dokter agar mendapat dosis yang sesuai.

Efek Samping Vitamin B12
Bila digunakan dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan, vitamin B12 tidak akan menyebabkan efek samping.

Akan tetapi bila pemakaiannya tidak sesuai dosis maka efek samping yang kemungkinan akan terjadi dalam penggunaan vitamin B12 yakni diare, kram otot, tubuh terasa bengkak dan sering buang air kecil.

Dosis vitamin B12 berlebih juga selalu merasa sangat haus atau dehidrasi.

Nah itu dia segudang fakta seputar vitamin B12. Tanpa disadari, manfaat dan fungsi vitamin B12 bagi tubuh banyak sekali ya Toppers.

Maka dari itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin B12. Jauhi makanan yang tidak sehat dan jaga gaya hidup dan pola makan sehat dari sekarang.

Toppers, penuhi kebutuhan makanan dan minuman sehat juga produk multivitamin di Tokopedia! Raih tubuh yang sehat dan ideal sekarang juga!

Tidak ada komentar: