Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Sering Diabaikan Air Bekas Cucian di Dapur Bisa Menyuburkan Tanaman


Kegiatan memberikan pupuk serta menyiram bertujuan untuk menyuburkan tanaman

Beragam pupuk bisa digunakan untuk membantu pertumbuhannya, namun siapa sangka jika ada beberapa air bekas yang berada di dapur bisa menjadi pupuk cair bahkan menjadikan tanaman berbunga serta berbuah lebat?

Air cucian bekas yang sebaiknya digunakan untuk menyiram tanaman, sebagai berikut.


1. Air cucian beras

Dalam air cucian beras, terdapat gizi dan nutrisi seperti vitamin B, zat besi, seng, protein, sari pati, dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tanaman sehingga bisa tumbuh dengan subur.

Selain itu, air cucian beras ini bisa merangsang masa tumbuh vegetatif tanaman terutama pada daun tunas dan cabang. Tanaman yang disiram dengan air cucian beras juga akan memiliki daun yang lebih hijau dan segar.

Dengan menggunakan air cucian beras ini, tanaman juga akan lebih memiliki kekebalan terhadap penyakit, serta hama yang menyerang.

Jangan Dibuang, Air Cucian Beras Bisa Jadi Pupuk Tanaman

Caranya, masukkan air cucian beras ke wadah es batu, tunggu hingga mengeras lalu letakkan beberapa butir ke dalam pot. Air cucian beras yang telah mengeras akan mencair dan masuk ke dalam tanah.

2. Air kelapa

Selanjutnya adalah air kelapa, di dalam air kelapa terdapat kandungan makro dan mikro, sehingga dapat membantu tanaman tumbuh subur.

Air kelapa merupakan sumber hormon alami yakni hormon auksi dan sitokinin yang merupakan hormon untuk memacu pertumbuhan tanaman. Selain itu, air kelapa juga kaya unsur-unsur mineral seperti kalium, nitrogen, magnesium, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar: