Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

5 Tips Membuat Aglonema Bisa Cepat Beranak


Membuat aglonema cepat beranak atau bertunas adalah salah satu hal yang ingin dicapai oleh banyak pemiliknya, sehingga banyak yang berlomba-lomba untuk mewujudkannya.

Ketika aglonema beranak, tentu hal ini membuat pemiliknya menjadi lebih hemat karena tidak perlu membeli lagi tanaman aglonema untuk dikoleksi.

Lantas, bagaimanakah cara agar aglonema bisa cepat beranak atau bertunas?

Dilihat dari beberapa kanal Youtube, Selasa (13/4/2021), berikut ini lima  langkah untuk membuat tanaman aglonema cepat beranak.

1. Pastikan bonggol aglonema di atas 3 cm

Cara pertama agar aglonema milikmu cepat beranak adalah dengan memastikan bahwa dia mempunyai bonggol dengan tinggi 3 cm ke atas.

Apabila bonggol aglonema hanya setinggi 3 cm itu masih terlalu pendek. Lalu apabila bonggolnya di bawah 3 cm, kemungkinan aglonema tidak akan bertunas.

Ingat, tinggi bonggol lebih dari 3 cm adalah syarat utama untuk aglonema cepat beranak, jadi pastikan terlebih dahulu.

2. Ganti media tanam

Cara kedua agar aglonema milikmu cepat beranak adalah dengan mengganti media tanam dengan yang baru.

Media tanam yang baru untuk aglonema milikmu adalah yang lebih banyak sekamnya. Jadi perbandingannya, yaitu 3 sekam 1 tanah dan setengah kotoran hewan.

Media tanam baru aglonema harus lebih banyak sekam bertujuan agar mata tunas itu tidak terhambat keluarnya.

Apabila media tanam lebih banyak tanah, itu akan menghambat pertumbuhan tunas karena karakteristik tanah yang padat. Sementara banyak sekam tunas aglonema bisa cepat keluar dan tidak terhambat keluarnya.

3. Siram dengan air cucian beras

Untuk membuat aglonema cepat beranak kamu perlu menyiramnya dengan air cucian beras dalam kurun waktu dua hari sekali.

Siramkan air cucian beras ke tanaman aglonema sampai media tanamnya cukup basah, tapi jangan terlalu basah, terutama di bagian bonggol atau batang bawah.

Tujuan untuk membasahi bonggolnya agar tunasnya itu cepat keluar. Kemudian letakkan tanaman aglonema di tempat yang lebih teduh dari sebelumnya, agar aglonema benar-benar dalam kondisi fit untuk bertunas atau beranak.

4. Semprot setiap hari

Semprot aglonema setiap hari, kalau bisa dua kali sehari menggunakan air biasa saja di pagi hari dan di malam hari.

Yang terakhir, apabila kamu punya kotoran hewan di rumahmu, campurkan dengan sedikit air, tidak perlu terlalu kental. Setelah itu siramkan air kotoran hewan sekitaran bonggol.

Menyiramkan air kotoran hewan bertujuan untuk menambah nutrisi media tanam agar nutrisi aglonema benar-benar terpenuhi, bahkan lebih.

Jadi ketika aglonema memiliki nutrisi lebih, itu bisa menumbuhkan tunas. Sementara apabila aglonema kurang nutrisi, jangankan menumbuhkan tunas, menumbuhkan daun saja sulit.

5. Sesuaikan pot

Dilihat dari kanal Youtube Flower Mix Manado, pemilihan pot bunga sangat memengaruhi aglonema milikmu itu bisa cepat beranak atau bertunas. Jadi pastikan pot bunga yang kalian pilih pas atau sesuai dengan banyak akar.

Mengapa demikian? karena dengan pot yang sesuai maka nutrisi pupuk yang akan kamu aplikasikan akan terserap cepat oleh akar aglonema, sehingga mempercepat tumbuhnya tunas dan tumbuhnya anakan aglonema.


Tidak ada komentar: