Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Bupati Kotabaru Hadiri Proses Inseminasi Ternak Sapi Kelompok Tani Dharma Bakti


Suarabamega25.com - Bupati Kotabaru Sayed Jafar dan Wabup Kotabaru menghadiri kegiatan Pelayanan Ternak Terpadu yang merupakan program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SiKomandan) di desa Telagasari, kecamatan Kelumpang hilir, Kamis (5/08/2021).

Tampak hadir juga pada kegiatan itu Ketua dan wakil ketua TP PKK Kotabaru, Palaksa Lanal Kotabaru, Kepala SKPD, Camat dan Forkopimca, Kepala Desa, Kelompok Tani Dharma Bakti, serta tamu undangan.

Bupati dan wakil bupati meninjau proses inseminasi buatan hewan ternak sapi dan pemberian vaksin untuk ternak ayam.


Kepala Dinas Pertanian Kotabaru, Hairuddin menyampaikan bahwa potensi yang ada di kabupaten Kotabaru termasuk di Kelumpang Hilir sangat besar, berdasarkan data, potensi peternakan di Kabupaten Kotabaru kurang lebih 12.490 ekor untuk sapi, potensi kerbau 1.900 ekor, dan populasi sapi perah 11 ekor

Lanjutnya, untuk potensi integrasi sawit dan sapi 31.793 hektar dengan daya tampung ternak sebesar 63.586 ekor. “ Integrasi sawit sapi ini adalah salah satu upaya memanfaatkan potensi lokal untuk menciptakan biaya murah, mengingat saat ini biaya perawatan sapi ini masih tinggi di daerah kita, sehingga sulit bersaing dengan daerah lain.


Bupati Kotabaru Sayed Jafar, SH mengatakan, pelayanan ternak terpadu merupakan suatu hal yang membanggakan, kelompok tani sudah mampu mengembangkan ternak sapi dan juga pakannya yang sudah diolah secara lokal oleh para kelompok tani.

“ Jumlah sapi yang ada di peternakan desa Telagasari ini sudah mencapai ribuan, tentu ini mendukung agrobisnis yang ada, dengan demikian jika memerlukan daging sapi kita tidak perlu keluar lagi mencari, termasuk pakannya pun sudah diolah secara mandiri oleh kelompok tani disini.

Kata Jafar,"Pemerintah daerah Kotabaru tidak akan menutup mata melihat potensi yang ada. “ Saya sudah sampaikan kepada kelompok tani sebelumnya, agar berkomunikasi dengan kepala Dinas pertanian mengenai hal-hal apa yang diperlukan, kita tidak hanya bantu dari segi permodalan, bahkan hingga ke bimbingan teknisnya terus kita support.


Acara juga dirangkai dengan penyerahan bantuan sosial kepada Disabilitas, lansia, anak terlantar, dan bantuan rutilahu kepada 4 kecamatan yakni Kelumpang Hilir, Kelumpang Selatan, Kelumpang Hulu, dan Hampang. 


Tidak ada komentar: