Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Wartawan Gandeng ITP Sosialisasi Tentang Sampah


Suarabamega25.com, KOTABARU – Puluhan wartawan tadi pagi Rabu (22/12/21), berkumpul di depan kantor Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Sigam Kabupaten Kotabaru. Hal tersebut dilakukan guna melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat khususnya di lingkungan RT 12 di area kampung pelangi.

Menjaga lingkungan bebas dari sampah tentunya dirasa sangat penting, karena secara tidak langsung ikut melestarikan keanekaragaman hayati. Apalagi di daerah kampung pelangi di Desa Hilir muara langsung berbatasan dengan kawasan hutan mangrove, banyak ekosistem yang hidup didalamnya dan itu menjadi perhatian bersama.

Melihat hal itu, kalangan jurnalis Saijaan menggandeng PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (ITP) Plant Tarjun, untuk bisa lebih menggeliatkan lagi tentang kesadaran masyarakat akan pentingnya jangan membuang sampah sembarangan.

Jumain, wartawan Radar Banjarmasin yang tugas di Kabupaten Kotabaru mengatakan, ia menyambut baik kegiatan yang diprakarsai oleh jurnalis dan menggandeng salah satu perusahaan produsen semen Tiga Roda. 

“Ini juga menjadi langkah nyata yang dilakukan oleh rekan-rekan wartawan di Kotabaru. Prinsipnya, kami juga peduli lingkungan apalagi dengan dukungan dan support penuh dari Indocement,” ujar Jain sapaan akrabnya.

Ia berharap, dengan kegiatan sosialisasi tentang peduli sampah terhadap masyarakat. Pastinya menjadi salah satu upaya nyata dari wartawan kepada lingkungan.


“Mudah-mudahan apa yang kami laksanakan hari ini menjadi momentum bagi wartawan sendiri dan juga masyarakat pada umumnya, serta terimakasih kepada Indocement mendukung kegiatan kami,” tambahnya.

Dimintai tanggapan warga kampung pelangi, Risna menilai kegiatan sosialisasi  oleh wartawan Kotabaru sangat baik sekali. “Terimakasih kepada wartawan yang datang ke kampung kami dan melaksanakan kegiatan sosialisasi semacam ini. Tentu kami mendukung, sekali lagi terimakasih,” katanya.

Dilain pihak CSR Indocement Tarjun, Agus Rifani mengungkapkan bahwa, pihaknya melihat kegiatan yang dilaksanakan oleh wartawan di Kotabaru sangat baik sekali dalam mensosialisasikan tentang pentingnya menjaga lingkungan dalam hal ini terkait dengan sampah. Bagaimana mensiasati lingkungan agar terbebas dari sampah. 

“Ini sangat baik sekali apalagi kita ketahui bersama kampung pelangi Desa Hilir Muara merupakan binaan dari Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru. Kami melihat kesadaran masyarakatnya bagus sekali,” tuturnya.

Dikatakannya, telah menjadi komitmen dan kebijakan Indocement tentang kegiatan Ramah Lingkungan dan tentu memberikan support terhadap kegiatan yang dilaksanakan, dan hal itu sebagai bukti bahwa pihaknya peduli akan terjaganya lingkungan dengan baik.

Menjadi harapan semua pihak, sambung Agus lagi, menjaga lingkungan sangat penting sekali dalam kehidupan, dimulai dari hal kecil bagaimana membangun kesadaran untuk jangan membuang sampah sembarangan. Karena walau bagaimanapun dengan lingkungan yang terjaga dengan baik tentu banyak nilai positif yang dapat di ambil dari situ.

“Kalau tidak salah di Desa Hilir Muara ini sudah ada terbangun bank sampah yang artinya sampah bukan lagi dibuang begitu saja, dengan pemilahan yang baik dapat bernilai ekonomis. Kita lihat dengan jelas, di kampung ini hampir-hampir susah ditemukan sampah dijalan,” jelasnya kemudian.

Ia berharap, pelaksanaan sosialisasi yang digelar oleh kalangan jurnalis akan semakin menambah kesadaran menjaga lingkungan bagi masyarakat, termasuk jurnalis sendiri, dan langkah tersebut diharapkan juga bisa di tiru oleh masyarakat lainnya tentang bagaimana menjaga lingkungan yang baik dimulai dari lingkungan sekitar.

“Dengan begitu, salah satu output yang hendak dicapai adalah semakin menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya jangan membuang sampah sembarangan. Kami dari Indocement berpesan agar kegiatan semacam ini jangan sampai berhenti sampai disini saja, karena menjadi PR kita semua untuk bersama-sama menjaga kebersihan, yang tak kalah pentingnya terus menjaga sinergitas antara perusahaan, wartawan dan masyarakat secara umum,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Desa Hilir Muara, H Nurdin sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh wartawan di Kotabaru dan di support oleh Indocement , ia menilai tentu akan memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar.


“Terimakasih kepada rekan-rekan wartawan sudah melaksanakan kegiatan positif di kampung kami, dan juga pastinya kepada Indocement yang terlibat langsung turun kelapangan bersama memberikan sosialisasi pemamahan kepada warga akan pentingnya menjaga lingkungan yang bersih,” imbuhnya.

Tidak ada komentar: