Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Bupati Sayed Jafar Panen Raya Padi Bersama Masyarakat Desa Bumi Asih


Suarabamega25.com - Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alaydrus dan jajarannya melakukan panen raya juga tanam padi sawah bersama kelompok tani Sido Makmur di Desa Bumi Asih Kecamatan Kelumpang Selatan, Rabu (10/8/2022).

Acara panen raya dan tanam padi tersebut selain bupati juga dihadiri Ketua DPRD Syairi Mukhlis, Forkopimda, Dinas Pertanian Kotabaru, Forkopimca, dan Kades SE Kecamatan Kelumpang Selatan.


Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alaydrus menyampaikan, Hari panen raya di desa tersebut bisa menghasilkan 8,04 ton gabah kering per hektarnya dengan luasan lahan 25 hektar yang dikelola oleh Poktan Sido Makmur.  

"Sektor tanaman pangan khususnya komoditas padi mempunyai , petani di Desa Bumi Asih ini diharapkan mampu berdaulat, dan mampu memajukan daerahnya sendiri. Dan kepada Dinas Pertanian agar terus melakukan sosialisasi dan pembinaan agar Poktan terus maju berinovasi hingga tidak mengalami gagal panen.

Ketua Poktan Sido Makmur, Suli Sarwono menyampaikan, lahan yang kami garap sekarang seluas 25 hektar dengan jumlah anggota 25 orang, yang mana pada musim tanam tahun 2021 lalu bisa menghasilkan panen tiga kali dalam satu tahunnya dengan capaian tujuh ton lebih per hektarnya.

"Alhamdulillah, capaian ini menjadi kebanggaan kami bersama bisa berkembang dan bersaing dengan Poktan lainnya di Bumi Sa-ijaan," jelasnya.

Lebih luas dipaparkannya, pada musim tanam tahun 2022 ini pertengahan tahun sudah bisa mencapai IP200 yang mana target IP400 dengan tanam empat kali dalam satu tahun dengan jenis padi Inprida dan Hibrida.

Tidak ada komentar: