Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Banjarmasin Berbenah Untuk Memberikan Pelayanan Kepada Konsumen Di Kalsel



Suarabamega25.com, Banjarmasin - Organisasi apapun, sebagai Ketua atau Pimpinan, ada batasan waktu masa jabatannya, tergantung dari individu atau orangnya. Sehingga dirinya, kata Dr H Fauzan Ramon SH MH, yang sudah lama menjabat sebagai Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Banjarmasin, mengadakan rapat, Rabu (24/8/2022) karena masa jabatannya habis dan diserahkan ke floor sebagai Demisioner.

Fauzan yang merupakan Alumni S1 dan S2 di ULM dan S3 di Perguruan Tinggi di Surabaya dan sudah lebih 30 tahun malang melintang sebagai Lawyer, dan kini menjadi Dosen di Sebuah Perguruan Tinggi Swasta di kalsel, menyadari perananan lembaga tersebut.  

“Kedepannya ini karena YLKI ini perjuangannya luar biasa. Lembaga Perlindungan Konsumen ini sejarahnya kita berkiblat pada Amerika, lalu dengan sekarang banyaknya organisasi, YLKI sangat diperlukan di Indonesia dan bahkan di Kalsel. Karena yang namanya konsumen, saya sendiri (kata Fauzan) dan termasuk Pejabat-pejabat, Gubernur dan Walikota adalah konsumen, dan itu ada Undang-undangnya. Sudah lama, nomer 8 tahun 1999. Mudah-mudahan, saya ada usul juga mau direvisi,” ungkap Fauzan.

Fauzan yang mantan wakil Ketua Badan penyelesaian sengketa Konsumen (BPSK) Banjarmasin dan kini menjadi Penasehat Hukum di 5 Perusahaan Besar di kalsel menambahkan, organisasi ini diharapkan kedepannya lebih bagus, lebih kuat, sehingga memerlukan orang-orang yang peduli terhadap konsumen. Dalam struktur itu ada Ketua, Wakil, Sekretaris, Bendahara dan berbagai Divisi-divisi penerima laporan pengaduan, harus ada.

Kedepannya dilakukan sosialisasi hukum terhadap perlindungan konsumen, dan akan dilakukan penyuluhan hukum seperti hak konsumen dan pelaku usaha. Pemilik Mall juga diundang, termasuk Pt. Air Minum dan Pt PLN.

“Karena di Mall diskon-diskon itu dipelajari. Menguntungkan atau merugikan konsumen? Kita bisa berikan rekomedasi, kalau itu ada unsur pemaksaan, unsure pidana, kita laporkan ke Kepolisian,” tegas Fauzan, semabari menambahkan, apalagi dengan momennya Kepolisiaan saat ini bersih-bersih, maka penegakan hukum lebih bagus.

Sedangkan H Siswansyah SH MH yang memimpin rapat setelah Fauzan Ramon demesioner menyatakan, rapat setelah dibuka Ketua Fauzan Ramon, yang kemudian melepaskan jabatan sebagai Ketua, Kemudian demesioner, dan dirinya secara musyawarah mufakat ditunjuk sebagai Pimpinan Sidang rapat untuk penunjukan Ketua lagi.

“Alhamdulillah prosesnya berjalan dengan baik, sambil musyarawah mufakat, potting juga diperhatikan, namun kebanyakan yang hadir hampoir 99 persen yang hadir secara mufakat pilihannya dan secara hampir keseluruhan menunjuk tetap kepada Fauzan Ramon sebagai Ketua Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Banjarmasin, karena sudah berpengalaman sebagai Ketua dan Muruah auranya sebagai itu, yang tidak asing lagi. Mudah-mudahan dengan kepengurusan yang akan datang, kemudian akan dilakukan perubahan-perubahan, anggaran dasar, anggaran rumah tangga, dan juga nantinya Yayasan ini mendirikan cabang,” ungkap Siswansyah dan menambahkan, pusatnya ada di Banajarmasin, kemudian cabangnya ada di wilayah Banua Enam, juga wilayah Tanah Bumbu, Kotabaru dan Pelaihari, supaya membuat semakin dekat layanan kepada masyarakat.

Siswansyah yang juga Mantan Ketua BPSK Banjarmasin dan Calon Pengurus YLKI Banjarmasin menambahkan, rapat lagi nantinya terkait perubahan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang segera disampaikan ke Notaris.

Menyinggung kesiapan dirinya sebagai Pengurus dalam Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Banjarmasin, Siswansyah menyatakan, dirinya juga diundang dalam kegiatan rapat ini dan akan bersedia menjadi Pengurus.

“Karena ini tugas pengabdian. Setelah saya pensiun Aparatur Sipil Negara (Siswansyah mantan Kepala Disnakertrans Kalsel). Mungki pengabdian di Yayasan in bisa saja saya lakukan berbarengan denga tugas-tugas yang laibn. Mudah-mudahan saya  bisa membantu. Tidak tahu, sebagai apa saya nanti ditunjuk,silakan Fauzan menetapkan saya sebagai apa nanti. Saya siap untuk membantu,” pungkas Siswansyah.(red)  

Tidak ada komentar: