Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Anugerah Dewan Pers 2022: Jurnalisme Berkualitas untuk Peradaban Bangsa


Suarabamega25.com, Jakarta – Guna mendorong peningkatan kualitas karya jurnalistik di Indonesia, Dewan Pers kembali menggelar Anugerah Dewan Pers 2022. Ajang apresiasi tahunan ini mengusung tema “Jurnalisme Berkualitas untuk Peradaban Bangsa”. 

Ketua Dewan Pers, Prof Azyumardi Azra, mengatakan bahwa karya jurnalistik yang berkualitas layak mendapat apresiasi. Dewan Pers mewujudkan apresiasi itu melalui Anugerah Dewan Pers 2022. 

“Menjaga dan memperjuangkan kemerdekaan pers menjadi tugas bagi setiap institusi pers maupun insan pers. Kemerdekaan pers yang terjaga dengan baik akan lebih memungkinkan bagi lahirnya karya jurnalistik berkualitas yang akan ikut mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya di Gedung Dewan Pers, Selasa (13/9/2022).


Dijelaskan Prof Azra, ajang ini bertujuan memberikan apresiasi kepada insan pers yang telah berkarya dan memberikan kontribusi bagi jurnalisme berkualitas dan kemerdekaan pers. Disamping itu juga untuk memberikan motivasi bagi ekosistem pers agar senantiasa menjaga kemerdekaan pers melalui karya-karya jurnalisme yang berkualitas. Di sisi lain, Anugerah 

Dewan Pers diharapkan mampu mempromosikan kemerdekaan pers dan jurnalisme berkualitas dalam membangun peradaban bangsa yang luhur.

Asmono Wikan, Anggota Dewan Pers, sekaligus penanggung jawab Anugerah Dewan Pers 2022, menjelaskan lebih jauh, pada tahun ini ada lima kategori yang dikompetisikan. Terdiri dari 

kategori wartawan/jurnalis, kategori perusahaan media, kategori masyarakat, kategori perorangan, dan kategori pemerintah.

“Untuk kategori wartawan dan perusahaan media, dapat langsung mendaftarkan diri melalui microsite yang disiapkan khusus oleh panitia. Sementara pada tiga kategori lainnya, kami membuka kesempatan bagi masyarakat baik perorangan, kampus, ataupun konstituen untuk merekomendasikan nama-nama yang layak mendapat penghargaan ini,” jelas Asmono.

Anugerah Dewan Pers tahun ini menghadirkan sejumlah juri yang terdiri dari tokoh-tokoh pers terkemuka yang akan menilai karya jurnalistik, kinerja media, dan ketokohan para kandidat pemenang. Mereka antara lain Azyumardi Azra, Yosep Adi Prasetyo, Dadang Rahmat Hidayat, 

Bambang Harymurti, Atal Depari, Ninuk Pambudi, dan Ninik Rahayu.

Mekanisme pendaftaran Anugerah Dewan Pers 2022 dapat dilakukan melalui laman situs anugerah.dewanpers.or.id. Adapun masa pendaftaran dan pengumpulan karya dimulai dari tanggal 12 September 2022 hingga 12 Oktober 2022. Penyerahan penghargaan direncanakan akan berlangsung di Bandung, 16 November 2022. 

Tidak ada komentar: