Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Haul ke 84 KH. M. Munawwir, Pendiri Ponpes Krapyak Yogyakarta


Suarabamega25.com - Sosok kiai ini merupakan posisi dan pemegang peranan yang kompleks dalam tatanan sosial kemasyarakatan. Sebagaimana sudah tertanam dipikiran masyarakat bahwa kiai merupakan seorang panutan yang selalu dijadikan contoh oleh masyarakat dengan beragam kelebihan yang telah dimiliki. 

Al-Qur’an merupakan panutan bagi seorang muslim karena al-Qur’an adalah firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw yang menjadi sarana ibadah untuk orang muslim. Salah satu ulama yang ahli dalam Qira’at al-Qur’an adalah KH. M. Munawwir Krapyak sebagai pemegang sanad al-Qur’an yang sampai kepada Rasuluallah Saw. Pendiri Pondok Pesantren al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta.

KH. M. Munawwir Krapyak adalah salah satu ulama Nusantara ahli qur’an mendunia abad ke 20 .

Walau sudah wafat 84 tahun yang lalu, namanya harum dan dikenang masyarakat luas.  Nama lengkapnya KH. M. Munawwir bin Kiai Abdullah Rasyad bin Kiai Hasan Bashari. ahun ini, haul ke 84 Kiai Munawwir digelar dari 30 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023.

 Ia lahir di Kampung Kauman, Yogyakarta, dari pasangan Kiai Abdullah Rasyad dengan Nyai Khadijah KH M. Munawwir beristrikan empat orang, yaitu Ny. R.A. Mursyidah dari Kraton, Ny. Hj. Suistiyah dari Wates, Ny. Salimah dari Wonokromo, dan Ny. Rumiyah dari Jombang. Ketika istri pertamanya meninggal dunia, KH M. Munawwir menikahi Ny. Khodijah dari Kanggotan, Gondowulung.

Sejak kanak-kanak, KH M. Munawwir belajar Al-Qur'an di Bangkalan, sebuah pesantren yang diasuh oleh KH Maksum. 

Selain belajar Al-Qur'an, ia juga belajar ilmu-ilmu keislaman lainnya dari para kiai, seperti KH Abdullah dari Kanggotan Bantul, KH Kholil dari Bangkalan Madura, KH Sholih dari Darat Semarang, dan KH Abdur Rahman dari Watucongol Muntilan Magelang. Pada tahun 1888 KH M. Munawwir meneruskan belajar ke Mekkah dan menetap di sana selama 16 tahun.

 Dari Mekkah KH M. Munawwir melanjutkan belajar ke Medinah. Setelah 21 tahun bermukim di kedua kota suci itu, dan memperoleh ijazah mengajar tahfiz Al-Qur’an, ia kembali ke Yogyakarta pada tahun 1911. 

Selama di Mekah dan Medinah ia memperdalam Al-Qur'an, tafsir, dan qiraat sab‘ah dari beberapa guru, antara lain Syekh Abdullah Sanqara, Syekh Syarbini, Syekh Muqri, Syekh Ibrahim Huzaimi, Syekh Manshur, Syekh Abd. Syakur, dan Syekh Musthafa. Hafalan Al-Qur'an yang ia kuasai saat belajar di kedua kota suci tersebut lengkap dengan qiraat sab‘ahnya, sehingga KH M. Munawwir terkenal dengan alim Jawa pertama yang berhasil menguasai qiraat sab‘ah.


KH M. Munawwir berguru qiraat sab‘ah kepada Syekh Yusuf Hajar. Sanad tahfiznya, dengan qiraat Imam ‘Asim menurut riwayat Imam Hafs, mengambil dari Syekh ‘Abdul Karim ‘Umar al-Badri, dari Syekh Isma‘il Basyatin, dari Syekh Ahmad ar-Rasyidi, dari Syekh Mustafa ‘Adurrahman al-Azmiri, dari Syekh Hijazi, dari Syekh ‘Ali bin Sulaiman al-Mansuri, dari Syekh Sultan al-Mizahi, dari Syekh Saifuddin ‘Ataillah al-Fadali, dari Syekh Sahazah al-Yamani, dari Syekh Nasiruddin at-Tablawi, dari Syekh Abu Yahya Zakariyya al-Ansari, dari Imam Ahmad al-Asyuti, dari Imam Muhammad bin Muhammad al-Jazari, dari Imam Muhammad bin ‘Abdul Khaliq al-Misri, dari Imam Abu al-Hasan ‘Ali bin Syuja‘, dari Imam Abu al-Qasim asy-Syatibi, dari Imam ‘Ali bin Muhammad bin Huzail, dari Imam Sulaiman bin Najah al-Andalusi, dari Imam Abu ‘Amr ‘Usman ad-Dani, dari Imam Tahir bin Galbun, dari Imam Ahmad bin Sahl al-Asynani, dari Imam ‘Ubaid bin as-Sabah, dari Imam Hafs bin Sulaiman, dari Imam ‘Asim bin Abi an-Najud, dari Imam ‘Abdurrahman as-Sulami, dari Zaid bin Sabit, Ubay bin Ka‘b, ‘Abdullah bin Mas‘ud, ‘Ali bin Abi Talib dan ‘Usman bin ‘Affan, yang mengambil langsung dari Rasulullah.

Setelah KH M. Munawwir kembali ke Yogyakarta, ia mendirikan majelis pengajian, dan merintis berdirinya Pondok Pesantren Krapyak. Selama kurang lebih 33 tahun menjadi pengasuh PP. Krapyak, KH M. Munawwir mewariskan ilmu kepada para muridnya, dan kelak tidak sedikit di antara mereka yang mendirikan pondok pesantren Al-Qur'an. 

Di antara para muridnya itu adalah KH Arwani Amin Kudus, KH Badawi Kaliwungu Semarang, K. Zuhdi Nganjuk Kertosono, KH Umar Mangkuyudan Solo, KH Umar Kempek Cirebon, KH Nor/Munawwir Tegalarum Kertosono, KH Muntaha Kalibeber Wonosobo, KH Murtadlo Buntet Cirebon, KH M. Ma‘shum Gedongan Cirebon, KH Abu Amar Kroya, KH Suhaimi Benda Bumiayu, KH Syatibi Kiangkong Kutoarjo, KH Anshor Pepedang Bumiayu, KH Hasbullah Wonokromo Yogyakarta, dan KH Muhyiddin Jejeran Yogyakarta.

KH M. Munawwir dikenal sebagai seorang yang istiqamah dalam beribadah. Salat wajib dan sunnah rutin dikerjakannya. Wirid Al-Qur'an selalu ia khatamkan sepekan sekali, biasanya setiap hari Kamis. Sifat muru'ah tercermin dari kerapiannya berpakaian. Ia terus-menerus mengenakan tutup kepala (kopiah atau serban), berpakaian sederhana, dan terkadang mengenakan pakaian dinas Kraton Yogyakarta saat menghadiri acara resmi kraton. 

Menurut KH. Munawir AF, alumnus Krapyak dan Mustasyar PWNU DIY, Mbah Munawwir adalah sosok yang penuh teladan. Sebagaimana umumnya ulama, para Kyai, Mbah Munawwir juga mempunyai wirid/riyadhah yang spesial dalam hal Al-Qur'an. 

“Selama 7 hari 7 malam, beliau mengkhatamkan Al-Qur'an 1 kali - selama 3 tahun. Setiap 3 hari 3 malam, mengkhatamkan Al-Qur'an 1 kali - selama 3 tahun. Setiap 1 hari 1 malam, mengkhatamkan Al-Qur'an 1 kali - selama 3 tahun. Selama 40 hari/malam membaca Al-Qur'an tanpa henti,” tegasnya. 

Kiai Munawir AF juga menjelaskan bahwa apa yang dilakukan Mbah Munawwir tersebut merupakan teladan yang dilaksanakan para sahabat Nabi. 

“Sebagaimana para sahabat Rasulullah SAW dulu, mereka mengkhatamkan Al-Qur'an ada yang 5 hari sekali, tetapi yang banyak setiap 7 hari sekali, seperti: Zaid bin Tsabit, Ibnu Mas'ud, Usman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, dll, termasuk Mbah Munawwir, beliau lakukannya sehingga wafat,” lanjutnya.

“Suatu riyadhah yang tidak mungkin dilaksanakan kecuali hamilul Qur'an yang memiliki kemauan yg kuat, semangat yang tinggi seperti Mbah Munawwir atau yang setara dengannya. Berbahagialah santri Krapyak yang mempunyai Mbah Munawwir sebagai cermin keteladanan yang bermutu tinggi,” kenangnya. 

KH Munawwir adalah sosok yang memiliki perhatian besar terhadap keluarga dan para santrinya. Wejangan-wejangan yang ia sampaikan dalam pengajian secara apik diterapkan dalam pergaulan sehari-hari. Ia tidak membedakan tamu yang mendatanginya, semua ia sambut dengan baik. 

Setelah sekian lama dijajah Belanda, pada bulan Maret 1942, bangsa Jepang mengganti menjajah bumi Nusantara. Pendudukan Jepang ini tidak kalah pahitnya dengan Belanda, bahkan rakyat semakin menderita dengan romusa sebagai ganti atas cultuur stelsel atau rodi yang digencarkan oleh Belanda. Jepang sebagai pelindung bangsa Indonesia, hanya sebuah omong kosong belaka, sebab selain mengeruk alam, dan tenaga, mereka juga memaksa umat Islam untuk melakukan seikere yang dapat membahayakan tauhid umat Islam. Demi ketetapan iman, banyak ulama yang harus dipenjara seperti Kyai Hasyim Asy’ari dan Kyai Karim Amrullah. 

Di situasi yang genting, yang menimpa umat Islam seperti ini Kyai Munawir Krapyak mengajak santri-santrinya untuk membaca shalawat Nariyah sebanyak 4444 kali dan surat Yasin 41. Amaliah seperti ini mempunyai kekhasan dapat menolak balak atau bencana atas kehendak Allah.

Bahkan, ia sesekali bersilaturahmi kepada keluarga santrinya, begitu pula kepada tetangganya. Di tengah-tengah cakaran kekuasaan Jepang atask bumi Nusantara, KH Munawwir sakit selama 16 hari sebelum meninggal dunia pada hari Jum'at , tanggal 11 Jumadil Akhir 1360 H (6 Juli 1942) di rumahnya, saat KH. M. Munawwir wafat ditunggui oleh salah seorang putrinya yang bernama Nyai Jamalah. KH. M. Munawwir dimakamkan di Dongkelan Kauman tepatnya di Tirtonirmolo, Kecamatan asihan Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Riwayat regenarasi pengasuh Pondok Pesantren Krapyak selepax  KH. M. Munawwir adalsh.KH. R. Abdullah Affandi,KH. R. Abdul Qadir  (tahun 1941-1968 M), KH. Ali Maksum (tahun 1941-1989 M),  KH. Zainal Abidin Munawwir(tahun 1989-2014 M)., KH. Ahmad Warson Munawwir (tahun 1989-2013 dan saat ini diasuh oleh KH. Ahmad Shidqi Masyhuri S.Psi., M.Eng, "pungkasnya.(red)



 

Tidak ada komentar: