Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Visi Misi Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Dalam Aktifitas Warga Uniska


Suarabamega25.com, Banjarmasin  -   Uniska Muhammad Arsyad Al-Banjari (MAAB) Banjarmasin, secara periodik setiap tahun mengadakan acara khusus untuk mengapresiasi Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. Hal ini kata 

Wakil Rektor 4 Dr Galuh Nasrullah Kartika Mayang Sari Rofam MAg, karena namanya adalah Nama Beliau, pihaknya berharap agar Uniska yang membawa nama itu, merepresentasikan cita-cita agung Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari yang memiliki karya yang banyak.

"Secara Akademis kita ingin meneruskan cita-cita Beliau, yaitu MengIslamkan, artinya membawa visi misi Muhammad Arsyad Al-Banjari di dalam mata kuliah- mata kuliah yang nilai-nilai religiusnya ada sebagaimana dakwah-dakwah Beliau MengIslamkan Kalimantan Selatan, maupun Indonesia dan seluruh Dunia tingkatnya melalui buku Beliau," ungkap Galuh.

Disebutkan, biasanya ada beberapa disumbangkan di acara mehaul dan juga sebagian ada ke acara tersebut, para Dosen dan Mahasiswa yang mengikuti acara Haul. Termasuk juga Haul Abah Guru Sekumpul, perwakilan Uniska dari kalangan Dosen dan Mahasiswa juga mengikutinya. (baca berita : Haul Abah Guru Sekumpul Dalam Perspektif Forsiladi dan Uniska)

Dikatakan, rutin Uniska memberikan nominal sumbangan tertentu, kemudian melakukan acara seperti mengadakan Seminar, bedah buku karya Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

"Kita tidak hanya mehaul saja. Tapi kita secara Akademis bikin Seminar, bikin bedah buku yang buku-buku Beliau itu supaya lebih dikenal masyarakat secara umum," Galuh menjelaskan. 

Untuk kegiatan ini, tahun kemarin pesertanya cukup antusias dan disambut baik oleh Keluarga Dalam Pagar dan dapat melaksanakan kegiatan itu juga dengan baik.

"Jadi ada beberapa yang kita sampaikan, kemudian kita membeli buku-buku Beliau. Jadi buku-buku Beliau sekarang ada di Perpustakaan Kita (Perpustakaan Uniska) sebagai Muhammad Arsyad Al-Banjari Corner," Galuh menambahkan.

Kegiatan Haul secara rutin ada dilaksanakan dan terus dihidupkan, juga kunjungan rutin dengan menyampaikan Tali Asih. 

Rutinitas ke acara Haulan juga dilakukan bagian Keislaman dan Bagian Humas yang turut berhadir ke acara Haulan.

"Kalau yang selama ini Mahasiswa dan Dosen. Karena yang kita bawa Mahasiswa dan Dosen. artinya visi misi itu tidak cuma dipraktekkan di kalangan Dosen, tetapi sampai ke Mahasiswa dan antusiasnya juga sudah lumayan. Yang penting bagaimana kita menghidupkan semangat dakwah Beliau (Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari)," ungkap Galuh.

Apalagi tegas Galuh, sebagai Akademisi yang namanya menempel pada nama Kampus Uniska, maka harus mengapresiasi dengan semaksimal mungkin. Sehingga berbagai kajian juga dilaksanakan, termasuk Kajian Sabilal yang dihidupkan dengan KDK (Kajian Dakwah Kampus)

untuk Mahasiswa dibawah pimpinan Khairul Anam, yang membuat berkesinambungan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari akan ada di Uniska.

Tidak ada komentar: