Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Asah Kemampuan Para Barista, Murakata Coffe Festival Resmi Digelar


Suarabamega25.comBARABAI :  Kegiatan Murakata Coffe Festival resmi dibuka secara simbolis oleh Bupati HST yang diwakilkan Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan H Sahruli, di Balai Rakyat, Kamis (16/3/2023).

Kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan Pemkab HST, digelar mulai tanggal 15 hingga 17 Maret 2023, bertujuan untuk mewadahi para penggiat kopi di Kalimantan, khususnya di Kota Barabai. Juga sebagai ajang silaturahmi dan bertukar pikiran.

"Rangkaian acara, ada manual brew competition, latter art battle, coffe and food tenant, workshop, talkshow dan live music. Diikuti 50 orang peserta dari berbagai daerah di Kalimantan. Barabai, Kandangan, Amuntai, Balangan, Tanjung, Tapin, Banjarbaru, Banjarmasin, Batulicin, Buntok dan Palangkaraya," ujar Ketua Panitia, Owner Hero Kaffe & Roastery, Andika Dwi Octavianto.

Menurutnya, acara seperti ini juga untuk mewadahi para barista di Kalimantan untuk menunjukkan kemampuannya di bidang kompetisi kopi. Sehingga nantinya mampu mewakili Kalimantan di skala nasional maupun internasional.

Selain itu, katanya, juga bisa mewadahi petani-petani kopi yang ada di HST untuk menampilkan hasil pertanian berupa kopi.

"Di sini kami juga memperkenalkan kopi asli dari HST yang akhir-akhir ini sangat gencar dikembangkan oleh Pemkab HST," ungkapnya.

Ia berharap, ke depannya kopi ini bisa menjadi industri yang berkembang pesat di HST, baik itu di sektor atau di hulunya. Dan tentunya bisa menjadi sektor yang mampu menambah pendapatan daerah.

"Semoga acara ini bisa menjadi agenda rutin Pemkab HST, agar bisa mengembangkan biji kopi ini sendiri, tentunya UMKM di sini," harapnya.

Sementara, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan, H Sahruli mengatakan, di HST sendiri, salah satu jenis usaha tani yang gencar-gencarnya dikembangkan, yakni budidaya perkebunan kopi. 

"Nah, mengingat meningkatkan produk kopi sebagai salah satu kuliner yang diminati masyarakat berbagai kalangan," jelasnya.

Jadi, menurutnya, perlunya edukasi cara membuat kopi yang benar, sehingga menjadi nilai lebih, dari cita rasa hingga penyajian. 

"Kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya untuk memaksimalkan potensi HST sebagai wisata yang memiliki keunikan. Kami sangat menyambut baik atas digelarnya kegiatan ini, semoga kerjasama yang penuh kekompakan dan kekeluargaan ini terus berkelanjutan," tutupnya.(red)

Tidak ada komentar: