Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Pelantikan Rektor UIN Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar, MA., Ph.D Periode


Suarabamega25.com, Ciputat - Menteri Agama RI (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akhirnya secara resmi menetapkan Rektor UIN Jakarta periode 2023-2027 dengan melantik Prof. Asep Saepudin Jahar, M.A., Ph.D. Ia dilantik menggantikan Prof. Dr. Hj. Amany Lubis MA yang telah menyelesaikan masa kepemimpinannya sepanjang 2019-2023.

Demikian disampaikan Kepala Biro Administrasi Administrasi Umum dan Kepegawaian UIN Jakarta, Drs. Juanda Naim MH, yang menghadiri pelantikan. “Alhamdulillah hari ini Rabu tanggal 1 Maret 2023 tadi ada pelantikan Rektor UIN Jakarta yang baru, yaitu bapak Profesor Asep Jahar,” ujarnya.

Kepala Biro Juanda berharap, penunjukan Profesor Asep Jahar sebagai Rektor UIN Jakarta memberikan suasana baru dan semangat baru. "Wabil khusus terkait apa yang disampaikan Pak Menteri Agama agar UIN Jakarta terus menjadi barometer (keilmuan dan keislamanm, red.) dan menjadi universitas PTN Badan Hukum. Itu tadi target dari Pak Menteri Agama kepada Rektor baru," tambahnya.

"Saya dan para Kepala Biro UIN Jakarta lainnya siap memberikan support dan sumbangsih dengan apa yang disampaikan Pak Menteri agar UIN Jakarta menjadi baromter dan PTKIN Badan Hukum. Mudah-mudahan Allah meridhoi dan memberikan kelapangan dan kesuksesan kepada Profesor Asep," ujarnya lagi.

Prosesi pelantikan sendiri dilakukan di Gedung Kementerian Agama RI, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/3/2023). Pelantikan pimpinan PTKIN ini disaksikan oleh Staf Ahli Menteri Agama RI Bidang Hukum dan HAM Prof Dr H Abu Rohmat M.Ag dan Kabalitbang dan Diklat Kemenag RI Prof. Suyitno M.Ag. Tampak juga hadir, para staf khusus Menteri Agama, para Direktur Jenderal, dan pejabat Ditjen Pendidikan Islam.

Sebelum dilantik menjadi Rektor, Profesor Asep merupakan Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta periode 2019-2023. Ia menempati posisi ini untuk menggantikan Profesor Jamhari Makruf yang diangkat menjadi wakil rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII

Rektor UIN ini asli kelahiran Pandeglang, 16 Desember 1969, Asep sapaan akrabnya, menempuh pendidikan S1 di IAIN Jakarta pada Jurusan Perbandingan Mazhab Fakultas Syariah (1995). Kemudian, gelar magister (S2) diperoleh dari McGill University, Montreal, Kanada, bidang Islamic Studies-Hukum Islam (1999) dan gelar doktor (S3) dari Leipzig University, Jerman, bidang Bahasa Arab dan Filologi (2005). Sebelum kuliah di IAIN, Asep adalah lulusan Pondok Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

Sebelum dilantik menjadi rektor, Asep Saepudin Jahar menduduki kursi Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta pengganti antar waktu (PAW) periode 2019-2023. Ia menggantikan Jamhari Makruf yang kini diangkat menjadi wakil rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Sebelumnya, ia juga pernah menjabat ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) pada periode yang sama. (Aji S)

Tidak ada komentar: