Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Akan Dibangun Jembatan Pulau Laut di RI, Saingan Jembatan Suramadu Panjangnya Ngeri Habis!


Suarabamega25.com, JAKARTA  - RI akan punya jembatan yang melintasi laut  Jembatan Pulau Laut, panjangnya ngeri habis, akan saingan dengan Jembatan Suramadu.

Jika Jembatan Suramadu penghubung Pulau Jawa dan Pulau Madura panjangnya 5.438 kilometer, maka Jembatan pulau laut ini panjangnya akan mencapai 6,5 kilometer.

Jembatan ini berada di Provinsi Kalimantan Selatan. Sebenarnya peletakan batu pertama sudah dilakukan sejak 9 Juli 2015 atau 8 tahun silam oleh mantan Gubernur Kalsel Drs. H. Rudy Arifin

Mengutip keterangan resmi dari situs Bappeda Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan, ditulis bahwa jembatan ini akan menghubungkan Pulau Laut Kabupaten Kotabaru dengan Pulau Kalimantan.

Namun kemudian pembangunannya ditunda dengan alasan faktor keselamatan, sebab bentang tengah jembatan Pulau Laut ini masih diperlukan studi kelayakan. Hingga 2023 jembatan masih belum dibangun.

Sekda Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar dalam rapat Lanjutan Pembangunan Jembatan Pulau Laut di Aula H Aberani Sulaiman Selasa (6/6) mengatakan, pembangunan Jembatan Pulau Laut ditargetkan bisa dimulai tahun 2024 mendatang.

Proses pembangunan katanya tidak akan sekaligus tapi bertahap selama 5 tahun. Akan ada 3 APBD yang mendukung pembangunan jembatan ini.

Pemprov Kalsel untuk tahap awal ini akan menganggarkan Rp300 Miliar, Pemkab Tanah Bumbu Rp100 Miliar dan Pemkab Kotabaru Rp100 Miliar.

Jembatan sepanjang 6,5 kilometer ini diperkirakan menelan dana sekitar Rp 3,7 triliun. Bagaimana kebutuhan dana sisanya? Itu kata Roy akan dicari jalan keluar berikutnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kotabaru, Said Akhmad membocorkan bahwa pembangunan jembatan ini sebenarnya telah dilirik oleh investor China. Bahkan para investor itu katanya sudah meninjau lokasi jembatan.

Pihaknya juga setuju pembangunan jembatan ini tetap dilanjutkan, selain karena mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kotabaru, juga karena Kabupaten Kotabaru telah bersemangat sejak awal, bahkan telah menggelontorkan dana hingga Rp100 Miliar untuk pembebasan lahan di wilayah Kabupaten Kotabaru. 

Katanya, jembatan ini akan memberi dampak besar terhadap masyarakat di Kabupaten Kotabaru dan sekitarnya secara umum. 

Sumber : JAMBIEKSPRES.CO.ID

Tidak ada komentar: