Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Semangat LazisMu Al-Furqan Berikan Bantuan Dalam Beragam Program Kegiatan


Suarabamega25.com, Banjarmasin  -  Acil Bahrah yang berjualan makanan seperti mie merah dan gorengan serta minuman ringan, penerima bantuan LazisMu Al-Furqan Jalan Bumi Mas Banjarmasin, yang berjualan di depan halaman rumah yang disewanya setiap bulan 90 ribu rupiah, berjualan di Jalan Pemurus Dalam, Tembikar Kanan, Rt 12 Banjarmasin. Katanya sudah lama berjualan, tapi baru kali ini dapat bantuan, dan sebelumnya tidak pernah.

“Dapat bantuan Gerobak dan modal sebesar 1 juta rupiah. Berjualan mulai pukul 08.00 sampai 16.00 wita dan bila cepat habis, cepat selesai. Alhamdulillah ramai aja di sini,” ungkap Bahrah, menerima kunjungan Tim LazisMu Al-Furqan ke Warungnya, Senin (19/6/2023) siang.

Katanya, setelah mendapatkan bantuan, ada perubahan dalam kegiatan berusaha dan lebih laku. Mei bisa 3 kilogram sehari, juga berjualan es campur, rendang, gorengan, dan ceker rebus. Sedangkan Ramadaniah, yang tinggdal di Rt 18 Komplek Karya Indah, Lokasi Satu, Banjarmasin.

Sangat berterimakasih atas bantuannya dan berupaya mengusahakan apa yang dijalini. Dengan bertetesan air mata karena haru, menyebutkan :  “Sementara  ini kami berjuang mencari nafkah. Modalnya dengan cara dicicil. Berjualan waktu anak masuk TK berpikir untuk berusaha.”

Penerima bantuan lainnya, Norma, Guru Ngaji Taaman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di Sekretariat LazisMu Al-Furqan di jalan Bumi Mas Km. 5,5 Banjarmasin, yang mengajar ngaji bagi anak-anak setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 16.00 sampai 18.00 wita, menyatakan, “Bantuan tambahan internsif setiap bulan sangat berguna bagi kami dan para Guru di sini untuk menunjang supaya kami lebih semangat dalam memberikan Pendidikan Agama Islam.” Dia melaksanakan tugas tersebut sejak 2017 sampai sekarang dan bantuan diterima setiap tahun berupa Sembako, Dana dan dibantu sarana untuk TPA. 

Sementara itu, Nor Aminah yang kuliah di UIN Antasari Semester 2 Jurusan Pendidikan dan Konseling Pendidikan Islam, yang mendapat bantuan berupa Bea Siswa pertamakalinya. Katanya : “Alhamdulillah terbantu untuk pembiayaan untuk kuliah dan lain-lain.” 

Rumahnya dari kegiatan Program Bedah Rumah bantuan Dinas Sosial yang di 2021 banjir, 95 persen rumah hancur dan tidur di muka pintu, menuju dapur harus hati-hati berjalan sangat perlahan dan waspada terjatuh.  “Kami berusaha mencari nafkah bagaimana caranya. Pas ada orang di warung ada yang memberikan modal, Alhamdulillah. Terimakasih atas bantuannya LazisMu Al-Furqan,” tambahnya. 

Dalam kegiatan bantuan sembako oleh LazisMu Al-Furqan di halaman Mesjid Al-Furqan, seorang penerima bantuan, Fitriani, warga di Jalan Ratu Zaleha dan tinggal bersama dua anaknya dan ibunya yang bekerja merawat anak keluarganya setiap hari, bersyukur menerima bantuan sembako tersebut.

“Alhamdulillah bersyukur dapat bantuan. Terimakasih banyak,” ungkapnya. 

Kepala Kantor Lembaga LazisMu Al-Furqan H Yazidi Indar mengatakan, penerima manfaat yang mendapatkan bantuan dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin bantuan dari Program Peduli Sosial Kemanusiaan, Sarana Usaha Gerobak, Bea Siswa Mentari Untuk Pelajar maupun Bantuan Peduli Untuk Guru.

“Hari ini yang diberikan berupa dua buah gerobak, sembako 35 paket, satu orang penerima Bea Siswa, dan Peduli Guru untuk 3 orang. Untuk Bea Siswa pelajar SD Breprestasi. Guru TPA Al-Furqan, sudah menerima gaji tapi diberi insentif lagi setiap bulan,” ungkap Yazidi.

Disebutkan, kalau bantuan, sesuai dana yang masuk, tapi diusahakan dilaksanakan setiap bulan. Kalau dana terkumpul, kemudian dilaksanakan kegiatan. 

“Ada keinginan menjadikan Bumi Mas Raya ini menjadi ikon gerobak, berjejer gerobak di sini. Obsesi kita ke depan. Sesuai harapan LazisMu Kota Banjarmasin,” harap Yazidi.

Dijelaskan, saat ini hampir dua tahun berjalan dengan bantuan 8 gerobak yang sudah diberikan dari berbagai macam usaha mikro kecil.untuk gerobak sementara hanya gerobak. Karena ada yang modal saja dan ada juga yang gerobaknya saja. Untuk gerobak, usahanya sudah mapan, hanya memerlukan tampilan yang lebih baik dan lebih bagus serta memudahkan mendororongnya.

Tidak ada komentar: