Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Tak Terasa Zahir Mania Telah Berusia 7 Tahun


Suarabamega25.com, Pekalongan - Puluhan ribu jamaah baik putra maupun putri telah berdatangan memutihkan stadion Hoegeng Kota Pekalongan. Panggung besar berisi puluhan habaib dan ulama memeriahkan harlah ke 7 kelompok Grup Kasidah Az Zahir.

Grup Kasidah ini berasal dari Kota Pekalongan, Jawa Tengah pimpinan Habib Zaenal Abidin Assegaf. Grup ini tidak pernah absen dalam setiap gelaran Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, khususnya pada gelaran rangkaian  Maulid Nabi Muhammad oleh Kanzus Sholawat Pekalongan.

Selain di gedung Kanzus Sholawat, hampir setiap hari sepanjang tahun hampir tidak pernah berhenti memenuhi undangan masyarakat di Pekalongan, luar Pekalongan bahkan luar Jawa.

Sehingga tidak tidak heran, sejak berdirinya grup ini pada tahun 2004 hingga saat ini telah ada puluhan ribu penggemar 'Az-Zahir' yang diprakarsai menantu Habib Luthfi bin Yahya ini dengan nama 'Zahirmania'.

Awalnya, majelis ini didirikan oleh Habib Ali Zainal Abidin Assegaf pada tahun 2004. Setiap hari Jumat Kliwon, majelis ini menyelenggarakan pembacaan maulid Nabi SAW. Usai melaksanakan shalat Jumat bertempat di kediaman Habib Zaenal Abidin Jalan Toba  Pekalongan, Jawa Tengah, yang sekarang menjadi markas Majelis Az-Zahir.

Penampilan Kasidah Az-Zahir, mengingatkan kita kepada grup Ahbabul Musthofa asal Solo, Jawa Tengah ang diasuh oleh Habib Syech bin Abdul Qadir As-Segaf yang sangat familiar bagi masyarakat Aswaja pecinta lantunan shalawat di Indonesia, bahkan dunia. 

Awalnya majelis Az-Zahir  diselenggarakan pada Jumat siang kemudian diubah menjadi malam Jumat Kliwon dan ditambah kajian fiqih serta akhlak sesuai arahan Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.

Selain majelis rutin yang diselenggarakan pada malam Jumat kliwon, Majelis Az-Zahir juga memiliki kegiatan rutin dan safari maulid di berbagai tempat, baik di Kota dan Kabupaten Pekalongan, sekitar Provinsi Jawa Tengah, dan kota-kota lainnya.

Setiap tahunnya, Majelis Az-Zahir juga menyelenggarakan Maulid Akbar dan Haul Habib Seggaf bin Abubakar Assegaf yang dihadiri oleh para pecinta Nabi besar Muhammad SAW. 

Majelis ini pun  diberi nama Az-Zahir, sesuai dengan nama Pondok Pesantren ayahnya di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur yang diberi nama Az-Zahir oleh kakek beliau, Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf.

 Peringatan Harlah Ke 7 Majelis Maulid dan Sholawat Az Zahir Pekalongan yang dipimpin oleh. Habib Ali Zainal Abidin Assegaf Kamis malam (22/6)  di Stadion Hoegeng Pekalongan begitu semarak dan meriah. Jamaah tumpek blek memenuhi stadion bahkan ruas jalan menuju stadion, karena tak mampu memuat puluhan ribu jamaah yang datang dari berbagai penjuru daerah.

Beberapa pembicara ternama hadir memeriahkan acara bersama ini diantaranya Maulana Habib Muhammad Luthfi Bin Ali Bin Hasyim Bin Yahya , Habib Umar Muthohar (Semarang),  Habib Ali Zainal Abidin Bin Seggaf Assegaf, Habib Jindan Bin Novel Bin Salim Jindan, Habib Ahmad Bin Muhammad Al Habsyi, Gus Muhammad Abdurrahman Kautsar Ploso serta para habaib dan ulama,"tutupnya.(Aji)

Tidak ada komentar: