Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Haul 100 Tahun Syekh Nahrowi Bersama Zahir Mania Penuhi Halaman Mapolres Purbalingga Hingga Jalan Raya


Suarabameg25.com, Purbalingga - Haul ke 100 Syekh Nahrowi Al Banyumasi Untuk Indonesia dan dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023 digelar oleh Polres Purbalingga  bersama Habib Ali Zainal Abidin Assegaf dari Pekalonfan dan K.H. Happy Irianto Setiawan Pati diiringi Grup Sholawat Majelis Az Zahir pada hari Jumat, 30 Juni 2023 pukul 21.00 WIB di halaman Mapolres Purbalingga, Jawa Tengah. 

Acara yang digelar sejak bada Isya ini praktis memacetkan arus ruas utama jalan raya menuju kota Purbaljngga. Halaman Mapolres Purbalingga tidak mampu memuat puluhan ribu pengunjung yang datang dari berbagai daerah Purbalingga dan sekitarnya. Jamaah begitu membedakan hingga memenuhi ruas jalan dari depan Rumah Sakit Harapan Ibu sampai arah utara depan Terminal Purbalingga.

Habib Zainal Abidin Assegaf pada malam itu mendoakan Polri agar semakin kuat, maju dan jaya.”Semoga seluruh jajaran polri diberi kekuatan dzahir dan batin dari Alloh SWT dalam menjalankan tugasnya sehingga urusannya dipermudah oleh Allah SWT,” doa Habib Alj Zainal Abidin.

Acara ini juga dihadiri oleh jajaran Forkompimda Kab Purbalingga, Kapolres Purbalingga AKBP Hendra Iriawan, KH Raghib Abdurahman (MUI Purbalingga), serta puluhan ulama dan kiai yang ada di Purbalingga.

K.H. Happy Irianto Setiawan dari Pati dalam ceramahnya menyatakan tidak tidak pernah kuatir kondisi dengan bangsa Indonesia selama tumbuh majelis maulid dan dzikir.”Saya tidak pernah khawatir dengan kondisi bangsa Indonesia selama generasi mudanya dan generasi tua dengan ikhlas hadir di majelis maulud dan dzikirullah. Kita tidak bisa melupakan sejarah, karena kita tidak ikut berperang maka kita tinggal menikmati dan mengisi kemerdekaan ini.Karenanya diam itu lebih baik daripada membuat keonaran di negara kesatuan Republik Indonesia,” jelas KH Happy Irianto.

Acara ini ditutup dengan doa sekitar pukul 24.00 setelah tiga jam full sholawatan bersama.

Kegiatan haul 100 Tahun Syekh Nahrowi ini adalah untuk mengingat salsh satu tokoh ulama Nusantara yang mempunyai pengaruh besar dalam sanad keilmuan ulama-ulama di Nusantara.

Kiai Nahrawi lahir di Purbalingga pada tahun 1276 H (1860 M). Nama aslinya adalah Kiai Mukhtarom. Kemudian tafa’ulan kepada gurunya sehingga namanya menjadi Nahrawi.

Selain itu, yang tidak kalah penting dari jejak peninggalan Syekh Nahrawi menurutnya yaitu Syekh Nahrawi sering memberikan taqrizh atau endorsmen pada kitab-kitab ulama besar waktu itu.

 

Beberapa kitab yang ditaqrizh yang disebutkannya yaitu Fathul Majid Syarh Jauharatut Tauhid karya Syekh Husain bin Umar Palembang dan fatwa Al-Ajwibatul Makkiyah ‘alal As’ilatil Jawiyyah yang ditulis oleh Syekh Abdullah bin Abdurrahman Siraj pada tahun 1922 M. Kitab yang kedua itu menurutnya berisi jawaban mufti Mekkah terhadap persoalan yang ada di Nusantara. Persoalan tersebut seperti tradisi Nusantara muludan, tahlilan, ziarah kubur.

 

Selain mengasas kitab, Syekh Ahmad Nahrowi juga menjadi Mursyid Thariqah Syadziliyah. Thariqah Syadziliyah muncul secara Besar-besaran di tanah Jawa baru di abad 19 ketika para santri Jawa yang sebelumnya berbondong-bondong belajar di Makkah dan Madinah pulang ke tanah air.

Ulama-ulama Jawa yang berguru thariqah Syekh Nahrowi antara lain KH. Muhammad Dalhar Watucongol, Muntilan, dan Kiai Siroj, Payaman, Magelang; KH. Ahmad Ngadirejo, Klaten; Kiai Abdullah bin Abdul Muthalib, Kaliwungu, Kendal; dan Syekh Abdul Malik, Kedungparuk Mersi, Purwokerto, Banyumas.

Dari Mbah Dalhar, ijazah kemursyidan itu turun kepada putranya KH. Ahmad Abdul Haqq (Mbah Mad Watucongol), Abuya Dimyathi (Cidahu, Pandeglang) dan Kiai Iskandar (Salatiga).

Syaikh Nahrawi Muhtarom Al Makki Al Banyumasi wafat pada tahun 1926 M, pada usia 126 tahun dan di makamkan di Ma'la, Mekkah.(***) Aji Setiawan

 simpedes BRI 372001029009535

Tidak ada komentar: