Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Puncak Haul Masyayikh Pondok Buntet Pesantren Sabtu (5/8/2023)


Suarabamega25.com, Cirebon - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dijadwalkan akan menghadiri resepsi puncak Haul Almarhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren Cirebon (BPC), pada Sabtu (5/8/2023).

Ia menjelaskan bahwa Seminar Nasional yang dihadiri Tokoh Nasional H Ganjar Pranowo, semalam, merupakan hari pertama dari rangkaian Haul Buntet 2023. 

"(Kemarin) ada acara donor darah di Gedung Akademi Keperawatan BPC, dihadiri oleh puluhan masyarakat yang mendonorkan darah," tutur Kang Zidni, sapaan akrabnya.

Bahtsul Masail Haul Buntet 2023 Bahas Haid dan Relasi Ulama-Umara.Di Komisi A, Panitia Haul Buntet bekerja sama dengan Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU memilih dua tema untuk dibahas yaitu relevansi istiqra (riset) Imam Syafi'i tentang haid dan relasi ulama-umara. 

Sementara di Komisi B, akan ada tiga tema pembahasan. Ketiganya adalah zakat aset produktif, problematika rumah tangga TKW, dan taqlid ulama kontroversial.

Tema utamanya yang sangat menarik adalah tentang kajian riset menstruasi ala Imam Syafi'i berhadapan dengan menstruasi ala medis. Kalau di fiqih, menstruasi dimulai umur 9. Tetapi fakta medis mengatakan bahwa menstruasi bisa terjadi sebelum usia 9 tahun. Bagaimana cara mengompromikannya?" kata Kang Zidni menjelaskan.

Selanjutnya, ia menjelaskan bahwa rangkaian Haul Buntet akan ada pada Sabtu (5/8/2023). Dimulai pukul 05.30 WIB dengan agenda Semaan Al-Qur'an oleh para penghafal Al-Qur'an se-Kabupaten Cirebon.

"Akan membaca tanpa teks dengan hafalan sampai khatam 30 juz," katanya. 

Lalu pada pukul 16.00 WIB akan ada acara inti yakni ziarah dan tahlil umum di Maqbarah Gajah Ngambung. Pada agenda ini, rencananya akan dihadiri oleh Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

"Lalu di malam harinya akan ada acara resepsi puncak yang akan ditutup dengan mauidzatul hasanah oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. Mudah-mudahan acara ini diberikan kelancaran dari awal sampai selesai," harap Kang Zidni.

Puncak acara resepsi Yahya) dijadwalkan akan menghadiri resepsi puncak Haul Almarhumin Sesepuh dan Warga Cirebon, di Buntet Pesantren pada malam Minggu. ( Aji )

Tidak ada komentar: