Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Banua Berkemajuan Dalam Pandangan Muhammad Yamin


Suarabamega25.com, Banjarmasin  -  Pada awal Kemerdekaan, Banjarmasin adalah Ibukota untuk segenap Kalimantan dan jejak itu bagi generasi sekarang perlu disampaikan situsnya adalah Nopol atau plat D untuk Kalsel, sementara Provinsi lainnya berawal K; KB untuk Kalbar, KT untuk Kaltim, KH untuk Kalteng dan KU untuk Kaltara.

Muhammad Yamin IE, selaku Sekretaris DPW Dewan Dakwah Provinsi Kalsel yang juga aktif di Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik PWM Kalsel mengatakan, 

sebagai pemula, kita terdepan di segala sisi, baik itu pendapatan perkapita, indeks pendidikan, kesehatan dan seterusnya. Anak Banua juga masih berbicara di tingkat Nasional, sehingga suara Kalsel disegani, didengar oleh Pemerintah Pusat. Sayangnya di dua puluh tahun terakhir ini, Kalsel menerima keadaan bahkan guyonan kalsel itu "kalah selalu" , baik di arena gelanggang olahraga, pentas seni, pekan-pekan ilmiah, Banua kita dan Orang kita tidak menjadi unggul ketika berhadapan dengan tetangga Provinsi sekalipun dan itu harus kita ubah, harus kita perbaiki.

Yamin menegaskan, berkemajuan harus menjadi pilihan, begitu pesan agama kita.

"Bukankah kita masyarakat yang agamis, kita keturunan Ulama-ulama yang disegani di Nusantara sejak dahulu, sejarah mencatat itu, bahkan generasi kita harus tahu, agar pede (percaya diri). Perang Banjar itu perang Belanda di Nusantara yang terpanjang hingga 52 tahun. Hari ini harus lebih baik dari kemaren, dan besok harus lebih baik dari hari ini, begitu pesan agama kita," tegas Yamin, mengingatkan, Senin (4/9/2023).

Katanya, Banua dan Orang Banua yang agamis mesti mampu membawa diri dan daerahnya semakin maju, memimpin dan disegani,  maka Buya menyebutnya Banua Berkemajuan, maju disegala bidang dan terpenting maju beragama, memahami perintah agama dan mengimplementasikan untuk Banua dan kalau perlu Negara. Kalsel mesti melahirkan kembali tokoh Nasional seperti dulu; Idham Khalid, Pangeran Muhammad Noor, Hasan Baseri, Sadilah Mursid dan seterusnya.

"Jika tekad kita sudah lahir, insyaaAllah Kalsel terdepan, Banua berkemajuan.. aamiin," pungkas.(red)

Tidak ada komentar: