Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

3,5 Juta Jamaah Hadiri Haul ke 19 Guru Zaini Sekumpul


Suarabamega25.com, Martapura - 3,5 Juta Jemaah KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul memenuhi Kota Martapura Kabupaten Banjar untuk mengikuti haul ke-19 ulama kharismatik tersebut, Minggu (14/1). Acara berpusat di Musala Ar-Raudhah Kelurahan Sekumpul.

Kapolres Banjar AKBP Ifan Hariyat menyatakan haul dihadiri 3.300.020 orang. “Angka itu kami dapat dari server seluler,” jelasnya di Posko Pengamanan Sekumpul, Minggu malam.

Jumlah tersebut didukung data kendaraan jemaah di lokasi parkir. Ifan mengatakan untuk bus ada 601 unit dari 15 titik parkir. Mobil sebanyak 151.119 dari 196 titik, sepeda motor ada 1.200.094 dari 387 titik dan 533 kelotok.

Kapolda Kalsel , Irjen Pol Winarto SH.MH meninjau langsung acara didampingi

Bupati H Saidi Mansyur, Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat serta Ketua DPRD Kalsel Supian HK.

Sabransyah, anggota jemaah dari Rantau Kabupaten Tapin, mengaku lega sudah mengikuti haul.

"Meski di sekitar Masjid Pancasila saja, kami sudah puas. Mudahan tahun depan bisa kembali mengikuti haul Guru Sekumpul dan berada di saf depan atau bahkan di dalam kawasan Ar-Raudhah, " harapnya.

Tak hanya di kawasan Sekumpul, jemaah memenuhi Jalan A Yani hingga mendekati Ar Raudhah.

Sebelumnya Kapolda Kalsel Irjen Winarto memperkirakan jemaah yang datang lebih dari 2,5 juta orang. Mereka tidak hanya dari Kalsel, tetapi juga dari luar provinsi. Bahkan ada yang dari luar Pulau Kalimantan.

Perkiraan tersebut disampaikannya saat meninjau kondisi, situasi dan pengamanan di kawasan tersebut, Minggu sore. "Sampai Minggu sore ini, saya kira lebih dari 2,5 juta orang," kata Winarto.

Peninjauan dilakukan bersama Bupati H Saidi Mansyur, Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat serta Ketua DPRD Kalsel Supian HK.

Sabransyah, anggota jemaah dari Rantau Kabupaten Tapin, mengaku lega sudah mengikuti haul.

"Meski di sekitar Masjid Pancasila saja, kami sudah puas. Mudahan tahun depan bisa kembali mengikuti haul Guru Sekumpul dan berada di saf depan atau bahkan di dalam kawasan Ar-Raudhah, " harapnya.

Tak hanya di kawasan Sekumpul, jemaah memenuhi Jalan A Yani hingga mendekati Kota Banjarbaru.

Dari pantauan Minggu siang, jemaah juga sudah memadati pusat perbelanjaan Q Mall, yang berada di perbatasan Banjarbaru-Martapura. Mereka menempati teras toko menggunakan alas. Hal yang sama terlihat di lokasi parkir kendaraan roda empat.

Tidak hanya di lantai dasar, jemaah memadati setiap lantai di pusat perbelanjaan tersebut.

Menjelang malam, petugas dan relawan di Sekumpul Martapura semakin sibuk mengatur jemaah. Banyak dari mereka yang memaksa mendekati Kompleks Ar-Raudhah.

Padahal kawasan tersebut sudah padat. Bahkan, pintu masuk Posko Sekumpul Depan dekat simpang empat Masjid Pancasila Jalan A Yani Martapura telah ditutup.

“Bagi jemaah jangan memaksakan diri, karena jemaah lain sudah menggelar sajadah. Tolong patuhi arahan petugas di lapangan,” kata relawan melalui pengeras suara.

Kepadatan semakin terasa saat malam. Mereka pun menggelar ibadah di jalan seperti salat magrib dan isya.

Jemaah pun melantunkan tahlil dan doa untuk almarhum Guru Sekumpul. Itu dilakukan sambil menyimak prosesi haul yang disiarkan kanal Ar-Raudah TV melalui layar lebar dan videotron. Prosesi juga ditayangkan di akun youtube Ar-Raudhah berjudul "Pembacaan Maulid Al-Habsyi, Tahlil & Doa Haul Abah Guru Sekumpul di Musholla Ar-Raudhah, Sekumpul Martapura Kalimantan Selatan. Malam Senin 14-01-2024".

Kegiatan haul dilakukan usai salat magrib yang diimami Guru Sa'duddin Salman. Pembacaan maulid habsyi dan tahlil dipimpin ahli waris Guru Sekumpul.

Haul kali ini terasa berbeda dari sebelumnya. Tidak tampak di layar siaran, kedua putra Guru Sekumpul yakni Muhammad Amin Badali dan Muhammad Hafi Badali Al-Banjari. Namun dari sejumlah sumber, keduanya berada di balik mihrab Musala Ar-Raudhah. Selain itu kali ini tidak ada pembacaan manakib sehingga lebih singkat.

Setelah acara selesai, jemaah mulai membubarkan diri untuk pulang. Kepulangan jemaah menggunakan kendaraan mulai terlihat di Bundaran Simpangempat Banjarbaru selepas pukul 20.00 Wita. Petugas sibuk mengatur untuk mengatasi kemacetan.

Untuk memperlancar arus kepulangan, Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah mengatakan di Jalan A Yani dari Kilometer 36 hingga Kilometer 18 diberlakukan satu arah. "Kami juga mengalihkan sejumlah arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Haul Guru Sekumpul 2024 digelar mulai hari Minggu, 14 Januari 2024 untuk umum dan Kamis, 17 Januari 2024 bagi undangan khusus. Haul akan dilaksanakan di Musholla Ar-Raudhah, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. (Aji)

Tidak ada komentar: