Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Cuaca Ekstrim Pengaruhi Tubuh, Waspada ISPA dan Waspadai Juga Gangguan Pencernaan


Suarabamega25.com, Banjarmasin  -  Faktor cuaca sering menimbulkan berbagai penyakit dan saat ini dalam kondisi musim hujan, secara normal ada siklus enam bulanan, yang disebutkan Muhammad Syarif Hidayat Wakil Direktur Bidang Pelayanan  RSUD Anshari Saleh, biasanya siklus September sampai Februari. Tapi tahun ini agak mundur sekitar Oktober November dan puncaknya diperkirakan dari BMKG sekitar Desember ke Januari.

"Untuk penyakit yang ada dan kita rawat di RSUD Anshari Saleh Banjarmasin yang terbanyak adalah kasus-kasus yang berkaitan dengan infeksi Saluran Pernafasan atau disebut ISPA. Ini sangat terkait dengan kondisi daya tahan tubuh," ujar Syarif.

Disebutkannya, dari pengamatannya, walaupun musim hujan dan sering dengan curah hujan yang tinggi, kadang-kadang diselingi dengan perubahan yang ekstrim.

"Begitu pansa, panas sekali. Begitu hujan, hujannya cukup deras dan disertai dengan angin. Ini yang mengakibatkan kondisi fisik manusia secara umum daya tahan tubuhnya menurun dan itu gampang sekali akan tertular suatu penyakit, terutama penyakit yang sifatnya infeksi," tambah Syarif menjelaskan,

Katanya, sebagai contoh, infeksi itu menular lewat saluran pernafasan atau lewat kontak secara langsung.  Sehingga kasus penyakit yang sering saat ini adalah kasus Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Yang lainnya, walaupun tidak terlalu banyak, tapi kasus yang sering dihadapi seperti Gangguan Pencernaan yang kadang-kadang diakibatkan oleh masyarakat yang kurang mengamati secara higienis.

"Kalau mereka (masyarakat) jajan atau belanja sesuai dengan selera saja, misal ingin jajanan sekitar rumah dan sekolah, yang tanpa melihat penjual menyajikan seperti mencuci makanan maupun piring dan lain sebagainya, langsung dikonsumsi, yang kadang-kadang kebersihan tidak terlalu diperhatikan oleh penjual," Syarif mengingatkan.

Sehingga hal ini tegas Syarif, anak-anak atau orang dewasa yang mengkonsumsinya berimbas pada pencernaannya seperti diare atau mual muntah maupun infeksi pada saluran pencernaan.(juns)

Tidak ada komentar: