Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Persiapan Haul Guru Sekumpul, Jamaah Mulai Berdatangan


Suarabamega25.com, Banjarmasin-Minggu (14/1) sejumlah lokasi parkir mulai terisi terutama di kawasan Ar-Raudhah dan Jalan Pendidikan.

Kepala Dishub Banjar I Gusti Nyoman Yudiana mengatakan jemaah yang mulai berdatangan sejak Sabtu, menggunakan roda dua dan roda empat dapat memarkirkan kendaraannya di lahan kosong di sepanjang Jalan Pendidikan.

“Area itu banyak titik parkir yang disediakan relawan. Jemaah dapat mengikuti arahan relawan saja,” Kata Yudiana, Sabtu.

Petugas gabungan pun telah menyediakan kantung parkir untuk kendaraan jemaah dari luar daerah sesuai warna stiker baik itu warna biru, kuning atau merah.

“Jemaah tinggal mengikuti arahan petugas kami,” jelasnya.

Stiker warna biru untuk kendaraan jemaah dari Banua Anam dan Kalimantan Timur. Mereka dapat menempati titik parkir di Masjid Al-Karomah, Pasar Batuah, Pertokoan CBS, Ponpes Tahfizh, kawasan Tanjung Rema, IAD/STAI khusus untuk roda 2 dan Kompas Daerah Pintu Air.

Stiker warna merah untuk jemaah dari Banjarmasin, Baritokuala dan Kalimantan Tengah dapat menempati titik parkir di Wisma Sultan Sulaiman, Pusat Perbelanjaan Sekumpul, kawasan Sungai Sipai, Keraton, Posko Sa’adah.

Adapun jemaah dari arah Pelaihari dengan stiker warna kuning dapat menempati titik parkir di kawasan Sungai Ulin, Stadion Demang Lehman Indrasari, Daerah Sekumpul Raya dan Sekumpul Ujung.


“Ada pula di kawasan Jalan Rahayu sampai Murdjani. Untuk kantong parkir kami selalu berkordinasi dengan kepolisian dan relawan,” ujarnya.

Untuk membantu jemaah mendapatkan tempat parkir, relawan acara haul di Kecamatan Jejangkit, Batola, memasang stiker merah di kendaraan jemaah, Sabtu. Relawan Anang Hadriani mengatakan pemasangan stiker gratis.

“Manfaat lainnya memudahkan relawan mengatur lalu lintas jemaah saat pulang,” kata warga Desa Badandang ini.

Untuk kenyamanan jemaah pada momen 5 Rajab dan kegiatan rutin malam Jumat dan malam Senin, Lurah Sekumpul Gusti Marhusin serta Camat Martapura Fahrian Rahman mengeluarkan surat edaran untuk pedagang kaki lima (PKL) dan pemilik toko atau kios di Kelurahan Sekumpul.



Mereka dilarang berjualan di area Kompleks Ar-Raudhah dan sekitarnya, sepanjang Jalan Sekumpul, Jalan pendidikan, bantaran irigasi, menggunakan bahu jalan, trotoar serta halaman rumah yang dapat mengganggu arus lalu lintas jemaah.

 “ Bantu sapi jelang pelaksaan Haul ke-19 Guru Sekumpul, Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo memberikan bantuan enam ekor sapi limosin.

Bantuan ini langsung diserahkan oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto

Adapun penyerahan enam ekor sapi jenis limosin dengan berat total sekitar 7,15 ton tersebut di Halaman Komplek Ar Raudah Sekumpul Martapura.

Dalam rapat koordinasi pengamanan Haul Guru Sekumpul ke-19 dipimpin Kapolda Kalsel , Irjend Pol Winarto, SH MH menyatakan lebih dari 1000 personel Polri dari Polda Kalsel dan jajaran diterjunkan dalam pengamanan Haul Guru Sekumpul ke-19.

"Untuk anggota Polri ada sekitar 1400 personel. Kemudian relawan diperkirakan sekitar 20 ribu, kemudian nanti juga akan ada dari unsur TNI dan instansi lainnya," ujar Winarto.

Terkait pelaksanaan sendiri, masih belum diketahui secara pasti tanggalnya. Terlebih hingga saat ini masih ada pengumuman secara resmi dari panitia.

Meskipun demikian, Jenderal Polisi bintang dua ini memperkirakan jemaah akan memadati lokasi pada Minggu (14/1/2024).

Terkait hal ini pula, Kapolda membeberkan bahwa personelnya pun juga akan fokus melakukan pengamanan pada tanggal tersebut.

"Informasinya di tanggal 14 Januari. Namun apakah itu haul atau bukan, tapi masyarakat diperkirakan akan berdatangan saat itu," jelasnya.

Mengenai jamaah yang akan datang nantinya, Kapolda pun memperkirakan sama seperti tahun-tahun sebelumnya yang mencapai 3 juta orang.

"Perkiraan sekitar 3 juta orang yang akan datang," kata Kapolda Kalsel. (Aji)

Tidak ada komentar: