Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Diskominfo Kotabaru Gelar Talk Show Bahas Percepatan Penurunan Stunting


Suarabamega25.com - Sekretaris Daerah Kotabaru bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kotabaru sebagai Nara sumber acara  Talkshow Program 'Halo Kotabaru' di LPPL Radio Gema Saijaan 102 FM, Selasa  (28/02/2024). 

sebagai narasumber dengan membahas Strategi Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Kotabaru 

Sekretaris Daerah Kotabaru H. Said Akhmad, MM melalui via telpon menjelaskan, sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, Indonesia di tahun 2024 harus bebas stunting. Dan Kabupaten Kotabaru harus mempunyai program yang dimulai dari titik dasar. 

"Dalam rangka membebaskan Kabupaten Kotabaru bebas stunting yaitu salah satunya dari titik dasar dengan menggiatkan kembali Posyandu yang ada di desa-desa dan kelurahan, karena rata-rata termasuk gizi buruk itu banyak  ditingkat masyarakat yang tidak mampu yang ada didesa-desa, ini yang harus kita lakukan," Pungkasnya. 

Kata Said,"Menghidupkan kembali Posyandu, termasuk kita sudah mengarahkan Dana Desa lebih banyak nanti untuk menganggarkan ke Posyandu karena pendekatan lebih dekat masyarakat adalah desa, tentunya danya anggaran baik dari segi makanan tambahan melalui Posyandu untuk Ibu Hamil, Anak-anak Balita atau gizi buruk dan pemberian vitamin," Tambahnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Erwin Simanjuntak, SKM, MA menjelajaskan, Dinas Kesehatan juga fokus menggiatkan kegiatan di Posyandu karena Posyandu merupakan ujung tombak kita kepada masyarakat dalam pelayanan kesehatan terutama dalam penanganan stunting. 

"Posyandu merupakan ujung tombak kita dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama dalam penanganan kasus stunting dan kita sudah menyiapkan beberapa sarana dan prasarana  di Posyandu seperti memenyediakan alat ukur antropometri untuk mengukur berat dan tinggi badan balita yang akan kita cek, dan ini melalui anggaran alokasi khusus tahun lalu," Jelasnya. 

Selain itu, pihak Dinas Kesehatan melalui Posyandu juga menggalakkan untuk pemberian makanan tambahan seperti yang sebelumnya telah disampaikan Sekretaris Daerah Kotabaru. 

"Kita juga telah memantau melalui tim kita yaitu ahli gizi kita yang selalu kita siapkan di setiap puskesmas dan nanti juga akan terjun ke Posyandu yang buka untuk memberikan makanan tambahan dan vitamin bagi remaja putri yang sedang haid dan ibu hamil yang bertujuan bagi bayi anak yang dalam kandungan akan selalu sehat dengan harapan agar stunting tuntas dan anak yang lahir dalam keadaan sehat dan tidak ada lagi kasus stunting khsusnya di Kabupaten Kotabaru, " tutupnya.(red)

Tidak ada komentar: