Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Ganjar Mahfud Hadiri Konser Lilin Putih di Gedung Balai Sarbini


Suarabamega25.com, Jakarta - Lepas pergantian malam Tahun Baru 2024 dan berziarah ke makam Bung Hatta di Tanah Kusir dan bertakziyah dengan mantan Menko Eknomi dan Maritim , alm Prof Dr Rizal Ramli di Jl Bangka IX Mampang Jakarta Selatan,  , Prof Mahfud MD bersama  Ganjar Pranowo  menghadiri Konser Lilin Putih di  Gedung Balai Sarbini, Jakarta Pusat.

"Saya merefleksi pengalaman pribadi saya dulu, ajakan kesatuan bangsa merupakan perjuangan yang saya lakukan sejak ikut dalam gerakan-gerakan mahasiswa, " tulis Prof Mahfud baru-baru ini.

"Ajaran tekait hubungan antara keagamaan dan nasionalisme, saya dapatkan dari tokoh2 seperti Gus Dur, Nurcholish Madjid, dan Syafii Ma’arif, " kenang Menko Pol Hukam RI.

"Dalam Islam misalnya, ada sumpah setia kepada negara. Sebab, Indonesia terdiri dari berbagai agama, suku, ras dan daerah yang semuanya menyatu secara inklusif, " jelas Moh Mahfud MD.

"Kunci kebersatuan kita adalah toleransi dan keberagaman. Tapi bagi saya, ke-Islaman dan ke-Indonesiaan bukan hanya melahirkan toleransi, lebih dari itu adalah akseptasi, kita saling menerima dan bersatu untuk mencapai tujuan bersama.Selamat natal dan tahun baru..! , " ucap Mahfud MD.

Pada Kamis (4/1), Prof Mahfud MD kembali silaturahmi ke Mgr Kardinal Suharyo, di Keuskupan Agung Jakarta. 

"Mengapa datang lg ke Katedral? Karena saat kunjungan malam natal, saya merasa terburu-buru karena kondisi kesehatan yg tidak fit waktu itu. Rencana sambangi beberapa gereja malam itu pun batal, mendadak kembali ke rumah utk istirahat, " jelas Mahfud MD , Jumat (5/1).

 "Alhamdulillah, saat ini punya wkt cukup utk ngobrol dengan Romo Suharyo, " papar Mahfud MD.

"Hari ini, saya juga menghadiri undangan dari Persatuan Gereja - Gereja Indonesia (PGI) dalam acara Syukuran Awal Tahun. Senang bisa berkumpul kembali dengan Pdt. Gomar Gultom dan sahabat semua, " tambah mantan ketua MK lebih lanjut.

"Sebagai Menko Polhukam yang antara lain bertanggungjawab soal ideologi dan keamanan, secara umum tingkat kebersatauan kita sebagai bangsa tahun ini semakin membaik, " kata Menko Polhukam RI.

"Tadi saya lebih menekankan, bukan hanya toleransi yg kita perlukan di masa spt sekarang, tapi juga akseptasi, yaitu saling menerima dan bekerjasama untuk maju secara bersama-sama, " pungkas Prof Moh Mahfud MD. (Aji)

Tidak ada komentar: