Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Wirausaha Berproses Dan Lakukanlah Dalam Komunitas Untuk Berbagi Menuju Kesuksesan


Suarabamega25.com, Banjarmasin  - Banyak kegiatan wirausaha yang muncul hanya karena viral dan itu tidak bertahan lama. Tenggelam. Muncul lagi wirausaha viral yang baru. Kemudian tenggelam lagi. Dan terus berulang.

Hal ini kata Ketua Himpunan Pengusaha Mikro Kecil Indonesia (Hipmikindo) Kalsel Sutjipto, karena masyarakat umumnya 

membeli sesuatu karena Perasaan, rasa ramai, rasa ikut-ikutan.

Menurut Sutjipto, idealnya supaya bisa menjadikan suatu komoditi atau usaha untuk penghasilan jangka menengah dan jangka panjang, maka rolenya diatur lagi. 

Disebutkan Sutjipto, seperti adanya komunitas yang ada,  dengan organisasi yang ada tersebut dan memiliki data base. 

"Yang sudah berhasil, yang sudah berpengalaman, memberikan pelatihan kepada para yunior. Yang punya modal dan tidak ada waktu berbisnis, dijadikan investornya. Pemula-pemula yang belum punya pengalaman, tapi memiliki kemampuan dan punya pemikiran yang besar, dilatih untuk menjadi besar." kata Sutjipto, Jum'at (5/1/2024).

Hal ini tegas Sutjipto, karena kegiatan wirausaha tidak bisa langsung, tapi melalui proses dan untuk kerjasama tentunya spekulasi untuk gagal harus jadi perhatian. Walaupun niat awal untuk membantu sudah baik dilakukan, tetapi yang diberikan amanah tidak memiliki skill, maupun tidak memiliki pengalaman berwirausaha, maka kemungkinan gagal bisa terjadi.

"Apalagi dalam pemberian amanah itu tidak diawali dengan menanyakan kepada yang bersangkutan tentang kemampuannya, maka setelah gagal, baru timbul berbagai keluhan," pungkas Sutjipto.(uns)

Tidak ada komentar: