Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Cara Melihat Hasil Perhitungan Pemilu 2024


Suarabamega25.com, Jakarta - Penduduk Indonesia bisa memantau langsung pergerakan real-time data real count di website resmi KPU. Data real time KPU bisa dipantau di website resmi KPU di alamat pemilu2024.kpu.go.id.

Cara Cek Hasil Hitung Suara Pemilu 2024

Untuk penghitungan suara Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai salah satu penyelenggaranya telah menyiapkan tautan untuk menyaksikan hitungan riil alias real count.

Datanya akan diupdate secara berangsur oleh KPU menjelang hari akhir rekapitulasi yang terjadwal pada tanggal 20 Maret 2024. Untuk mengecek hasil hitung suara Pemilu 2024, berikut langkah-langkahnya:

Buka situs pemilu2024.kpu.go.id

Pilih jenis pemilu yang ingin dicek pada kolom bagian kiri atas, seperti 

Pemilihan Presiden (Pilpres)

Pemilihan Legislatif DPR

Pemilihan Legislatif DPRD Provinsi

Pemilihan Legislatif DPRD Kabupaten/Kota, atau

Pemilihan Legislatif DPD

Selanjutnya, pilih opsi 'Hitung Suara'

klik nama provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga TPS yang ingin dilihat

Akan ditampilkan data mengenai jumlah pengguna hak pilih dan kolom hasil perolehan suara untuk masing-masing pasangan calon presiden-calon wakil presiden.

Selama ini publik gaduh oleh hasil pemilu 2024 yang terlalu dini diumumkan oleh lembaga pemantau atau  pihak tertentu. Semestinya aturan yang sudah ditegakan oleh KPU dengan PKPU nya itu lah yang menjadi acuan dasar untuk menegakkan aturan main berdemokrasi di Republik tercinta ini. 

Pun demikian KPU juga diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu.

Partai-partai politik saat  ini bersama pemerintah dan penyelenggara Pemilu masih melakukan perhitungan manual dari form C1 semua yang nantinya resmi oleh KPU akan dihitung secara cermat dari 20 Feb -20 Maret 2023 (real count KPU resmi).

Mengenai hasil hitung cepat sah sah saja beberapa lembaga untuk mengumumkan asalkan sudah terdaftar resmi di KPU dan kredible. Tentu semua Rakyat Indonesia harus bersabar menyaksikan perhelatan hajat pesta akbar demokrasi pada tahun ini

Yuk, Kawal Suara Pemilu 2024! (Aji)

Tidak ada komentar: