Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Prof Dr. Mahfud MD Resmi Mundur dari Mrnko Polhukam RI


Suarabamega25.com, Jakarta - Prof Dr. Mahfud MD secara resmi telah menyampaikan surat pengunduran dirinya, sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum Keamanan (Menko Polhukam) kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Mahfud Md pun mengungkapkan respons dari Presiden Jokowi saat menerima surat itu langsung darinya.

"Pak Presiden mengatakan bahwa Pak Mahfud ini adalah Menko Polhukam terlama sepanjang pemerintahan Pak Jokowi, dulu Pak Tedjo tidak sampai setahun, Pak Luhut setahun 4 bulan, Pak Wiranto 3,5 tahun, saya hampir 4,5 tahun," kata Mahfud menirukan respons Jokowi saat ditanya awak media di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Pakar Komunikasi Universitas Airlangga (Unair) Henri Subiakto menilai, langkah Mahfud MD untuk mundur daei jabatan Menko Polhukam merupakan bentuk gerakan moralitas.

Ia pun melihat, langkah Mahfud untuk mundir juga sebagai pengingat bagi menteri lain yang masih bertahan di Kabiner Indonesia Maju (KIM).

"Sebagai gerakan moral, mundurnya Mahfud dari kabinet, punya makna mengingatkan pada menteri-menteri lain, bahwa ada masalah moralitas jika tetap bertahan di pemerintahan yang presidennya sudah mengabaikan etika, melanggar kepatutan, bahkan merekayasa regulasi UU lewat keputusan di MK, serta mengabaikan rasa keadilan di masyarakat dalam berpolitik," ujar Henry dalam keterangan tertulis, Kamis (1/2/2024).

Dengan mundur, kata Henry, Mahfud MD tidak mendukung pelanggaran adab bernegara yang sudah dan sedang berlangsung. Untuk itu, ia merasa, mundurnya Mahfud merupakan pesan untuk rakyat sekaligus untuk menteri lain.

Sementara Ketua Bapilu DPP PPP , H. Sandiaga Uno menyikapi mundurnya Prof Mob Mahfud MD menyatakan, "Saya, sesuai yg diamanahkan dan ditugasi oleh Bapak Presiden Jokowi, akan terus fokus bekerja untuk mempercepat kebangkitan ekonomi, membuka lapangan kerja lebih banyak lagi melalui sektor parekraf, " kata Sandiaga Uno.

"Terkait keputusan Prof Mahfud, saya sangat menghargai. Mendoakan agar Prof Mahfud sukses, sehat, dan selalu dalam lindungan Allah SWT, " pungkas Sandiaga Uno . ( Aji)

Tidak ada komentar: