Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Haul Mbah Gede Kebon Sari Digelar Jum'at 8 Maret 2024


Suarabamega25.com, Pasuruan - Kompleks makam Kebonsari, Kelurahan Panggungrejo, Pasuruan   terdapat makam para keturunan Mbah Hasan Sanusi atau dikenal Mbah Slagah.

Kompleks makam ini merupakan pusara tokoh-tokoh besar pada zamannya. Termasuk, para pejuang yang melawan Belanda. Di antaranya, makam Mbah Mukhotam, Mbah Chamdani, Mbah Sahidani, dan Mbah Nawawi. Semuanya anak dan cucu Mbah Slagah yang dikenal juga dengan julukan "Mbah Macan Putih" dari Pasuruan dan merupakan pejuang yang gigih melawan penjajahan Belanda hingga akhir hayatnya.

Mbah Slagah dan anak cucunya itu punya kaitan dengan riwayat pembangunan Masjid Jamik Al Anwar dan Musala Gede. Masjid dibangun pada masa Mbah Slagah. Musala Gede dibangun pada masa Mbah Hamdani, cucu Mbah Slagah.

Dibangunnya sekitar 350 tahun lalu. Jika dilihat dari tulisan pembangunannya, tertulis perehapan tahun 1210 Hijriyah.

Untuk mengenang Para Pejuang dari Slagah ini pada 8 Maret 2024 akan digelar Haul Mbah Gede di Kebon Sari Pasuruan yang menurut rencana akan dihadiri Habib Taufik bin AbdulKadir Assegaf (Ketua DPP Rabithah Alawoyyah Jakarta) serta banyak habaib dan ulama dari Pasuruan dan sekitarnya. (aji)

Tidak ada komentar: