Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Banjarmasin Sasirangan Festival Sudah Digelar dan Terdaftarnya HAKI


Suarabamega25.com - Banjarmasin Sasirangan Festival ke 8 yang berlokasi di Kawasan Siring Menara Pandang. Digelar mulai Senin (24/6/2024).

Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Disperdagin bekerjasama dengan Dekranasda Banjarmasin menggelar lomba desain motif sasirangan dengan tema “Pesona Seribu Sungai," digelar di rumah Anno, Siring Banjarmasin.

Acara yang telah menjadi ikon agenda budaya tahunan ini, kembali hadir dengan berbagai macam keistimewaan. 

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menjelaskan, bahwa BSF ke 8 tahun ini sangat Istimewa dengan penyelanggaraan berbagai expo yang dilaksanakan di dua lokasi sekaligus, yaitu Siring Menara Pandang dan Duta Mall.

“Acara BSF Ke 8 ini juga disertai dengan talk show yang bertepatan  dengan peringatan tiga tahun atas kepemimpinan saya sebagai Walikota Banjarmasin dan H Arifin Noor sebagai Wakil Walikota Banjarmasin,” ucap Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina. 

Event yang bertujuan mengangkat Kain Sasirangan ini full digelar tujuh hari mulai Senin tanggal 24 Juni hingga Minggu 30 Juni 2024. 

Dalam kesempatan itu, Wali kota Banjarmasin, Ibnu Sina bersyukur atas berlangsungnya BSF yang telah memasuki tahun kedelapan. 

Ibnu Sina juga mengumumkan bahwa Kalimantan Selatan telah menerima sertifikat indikasi geografis untuk Kain Sasirangan. 

Hal ini penting untuk isu Nasional dan Internasional, yang mana Geographical Indication itu menunjukan asal muasal sasirangan dari Kalimantan Selatan. Dengan indikasi geografis itu, motif dan merk sasirangan yang didaftarkan sebagai kekayaan intelektual akan terlindungi dari klaim Negara lain. 

Ibnu Sina juga menegaskan pentingnya sertifikasi untuk mencegah pengakuan oleh Negara lain. 

Disisi lain, Kepala Disperdagin, Ichrom Muftezar menyampaikan, setiap tahunnya Pemerintah Kota Banjarmasin memang rutin untuk mengadakan lomba desain motif sasirangan.

“Tahun ini temanya adalah Pesona Seribu Sungai, untuk Peserta yang mengikuti itu ada 47 Peserta yang mana untuk komposisinya terdiri 32 Peserta dari pewarna tekstil atau pewarna kimia dan 15 dari pewarna alam,” terangnya. 

Lebih lanjut, Tezar mengungkapkan dalam lomba tersebut akan terpilih 12 Pemenang dari masing-masing kategori, sehingga pada tanggal 28 Juni nanti akan dilaksanakan Grand Final hingga pengumuman Juara Umum bertepatan dengan kegiatan pemilihan Putra Putri Sasirangan di Atrium Duta Mall sehari setelahnya. 

“Untuk total hadiah kurang lebih 33 juta yang akan dibagi untuk 12 pemenang, 6 pewarna alam dan 6 dari pewarna tekstil atau kimia,” tutupnya.(Tezar)

Tidak ada komentar: