Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Gubernur Kalimantan Selatan Melakukan De Ville Bergerak Turun ke Desa


Suarabamega25.com - Setelah Melaksanakan Penanaman pada Hutan Kota di Wilayah Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan pekan lalu.
Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor Beserta Sekretariat Daerah Drs, H Abdul Haris, M.S dan juga Kepala Dinas Kehutanan Prov Kalsel bersama FORKOPIMDA Melakukan De Ville Bergerak Turun ke Desa sekaligus menuju Air Terjun Mandin Mangapan yang berada di Gunung Ambilatau desa Paramasan Atas  Kecamatan Paramasan Kabupaten Banjar  Kalimantan Selatan.

Pada saat tiba di Desa Angkipih Kecamatan Paramasan Gubernur Kalimantan Selatan beserta Rombongan di sambut hangat oleh masyarakat setempat. Pada masyarakat desa angkipih juga menyempatkan memainkan alat tradisional Kurung-kurung. Kurung kurung merupakan alat musik tradisional unik yang terbuat dari kayu berukuran panjang yang dibagian bawahnya terbuat dari bambu.


Lucunya, alat musik kurung - kurung ini mengeluarkan suara yang unik setelah di hentak-hentakan ke tanah. Alat musik ini mengeluarkan bunyi yang berbeda satu sama lainnya, sehingga jika dimainkan alat musik ini secara bersama-sama dan bergantian akan menciptakan ritme irama yang unik. Alat musik Kurung-Kurung biasa dimainkan pada saat upacara adat, seperti Kenduri.

Beberapa masyarakat yang masih tinggal di daerah yang masih mempercayai dengan adanya “Kepercayaan animisme” meyakini bahwa dengan menggunakan Kurung-Kurung atau hilai ini mengharapkan panen yang datang akan menjadi panen yang subur dan baik. Mengharapkan adanya musim yang baik (menolak bala) dan sebagai penyemangat kerja di ladang. (Humasprotokolkalsel)

Tidak ada komentar: