Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Mengenang Kembali Toyota Corolla Liftback 1988

Suarabamega25.com Platform Corolla Liftback sejatinya masih sedarah dengan Corolla Twin Cam yang berkode AE92. Perbedaan yang paling mencolok ada pada sisi buritan belakang, kaca dan pintu bagasi yang menyatu membuatnya semakin terlihat seksi. Dengan mesin 4A berkapasitas 1.600 cc, muntahan tenaga cukup memuaskan buat yang suka kecepatan, Sabtu(14/4/18).
Tapi tunggu dulu, jangan langsung terbawa nafsu untuk meminang mobil ini, baiknya cek dulu secara seksama komponen satu persatu. “Overall kekurangannya sama saja seperti Corolla Twin Cam sedan, tapi khusus liftback kesulitan cari body parts bagian belakang, seper-ti lampu, bemper, bagasi dan kaca belakang,” jelas Heron, Chief Mechanic R Speed yang banyak menangani mobil-mobil tahun 90an.

Karena kaca belakang menyatu dengan bagasi, otomatis akan lebih berat dari sedan, ujung-ujungnya hidrolik pembuka bagasi belakang cepat melemah akibat beban berat yang ditanggung. Selebihnya, kelemahan lain datang dari sektor kaki-kaki, mesin dan power steering.
Komponen kaki-kaki yang biasanya bermasalah yaitu as roda, long tierod dan end tierod. Sedangkan bagian mesin, kerap ditemukan gejala overheat. “Overheat terjadi karena komponen yang sudah termakan usia dan ukuran spuyer yang terlalu kecil,” tambah mekanik ramah ini. Karburator juga demikian, akibat usia pakai yang terbilang sudah tua, kadang membuatnya sering ngadat.
Untuk bagian power steering, biasanya ditemukan kebocoran pada sil pompa power steering dan selang high preassure di steering rack. Agar tidak semakin parah, baiknya langsung diservis agar kerusakan tidak merembet kemana-mana.

Bicara harga Corolla Liftback, kini sudah tidak ada patokan bakunya. Semuanya kembali pada kondisi dan keberadaan mobil tersebut. Seperti di A2 Motor yang berlokasi di Jl. Radin Inten 2 No. 58, Jakarta Timur, disini harga Corolla Liftback lansiran 1988 berada di angka Rp 50 juta saja. Mahal atau murah itu relatif, karena mobil ini sudah menjadi collector item.(Red)

Tidak ada komentar: