Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Pencari Kerja

Suarabamega25.com - Pembukaan pelatihan berbasis kompetensi bagi pencari kerja angkatan pertama tahun 2018 Dipa BBLK dan DPA BLK Disnakertans Kotabaru, Senin (9/4/18) di Aula Balai Latihan Kerja Dinas Tenagakerjaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri Asisten III Pemkab Kotabaru, Kepala Dinas Tenagakerja Dan Transmigira Kotabaru, Dinas Pendidikan Kotabaru, Kepala Balai Latihan Kerja Kotabaru, Poltek Kotabaru, Pimpinan Perusahaan Kotabaru dan Peserta dari BLK Kotabaru

Sambutan Bupati Kotabaru yang di bacakan oleh Asisten III Pemkab Kotabaru Drs. H. Gusti Sjamsul Bahri mengatakan pada hari ini dalam rangka pembukaan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi bagi pencari kerja angkatan pertama tahun 2018. Kita menyadari bahwa dunia ketenagakerjaan selalu dihadapkan pada masalah pengangguran, kesempatan kerja, etos kerja, peningkatan produktivitas, PHK dan masalah - madalah lainya yang tidak pernah habis.
"kepada saudara - saudara peserta pelatihan saya berpesan dan berharap kiranya dapat mengikuti latihan ini dengan serius dengan bimbingan dari para instruktur, sehingga dengan bekal keterampilan tersebut nantinya saudara dapat bersaing untuk memperoleh pekerjaan diberbagai sektor lapangan kerja yang tersedia.
" Demikian yang saya sampaikan dan mengucapkan Bismillahirrahmannirahim", acara pendidikan dan pelatihan berbasis kompentensi bagi pencari kerja angkatan pertama tahun 2018 di BLK Kotabaru, sumber dana APBD Kotabaru dan dana APBN Kemenaker RI, dengan ini saya nyatakan dibuka. Semoga latihan ini betmanfaat bagi saudara semua dan semoga Allah SAW, Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan Petunjuk.
Kepala Dinas Tenagakerja Dan Transmigira Kotabaru Ir. H. Hasbi M. Tawab, SH. M.Si mengatakan berdasarkan hasil monotoring lowongan kerja ke beberapa perusahaan yang di Kotabaru, saran dan masukan Anggota Komisi I DPRD, Disnakertrans dan BLK perlu melakukan inovasi untuk melaksankan pelatihan operator dan mekanik alat berat dan sesuai arahan dari Kemnaker program tersebut ada di BLK Industri Kemnaker yang ada di Samarinda. Untuk itu nantinya kami mohon ijin Bapak Bupati untuk bekunjung ke BLK Samarinda menindaklanjuti rencana kegiatan tersebut.
" Dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan dan kinerja instruktur, sesuai arahan Bupati beberapa yang lalu , kepada instruktur perlu diberikan insentif khusus.Beberaoa yang lalu kami pernah mengajukan permohonan bantuan kendaraan operasional ex Pemda/ ex DPRD yang rencanya akan akan dipergunakan untuk operasional BLK ber koordinasi ke perusahaan - perusahaan, Karena sampai sekarang BLK tidak mempunyai mobil operasional untuk keperluan tersebut. Dengan dukungan penuh Bapak Bupati program - program Ketenagakerjaan  dan BLK dapat kamu laksankan dengan baik.

Kepala BLK Kotabaru Siswanto Ph mengatakan Tujuan pelatiah BLK memberikan pelatihan kerja berbasis kompetensi kepada pencari kerja lulusan SLTA yang tidak mampu melanjutkan kuliah ke jenjang peguruan tinggi, sehingga menjadi calon pekerja yang kompoten dan mampu bersaing di pasar dunia. Pelatiah di BLK Kotabaru selam kurang lebih tiga ratus dua puluh (320) jam pelatihan, 25 % tiori, 75 % praktek.
"Materi kejuruan masing - masing teknik kompoter, teknik otomotif, teknik las, teknik listrik, menjahit dan pengolohan hasil pertanian dan perikanan di bimbing dan dilatih dari guru BLK sesuai dengan kompotensinya masing - masing biaya pelaksanaan ini di baiaya oleh APBD Kotabaru dan APBN Kementerian Ketenagakerjaan Pusat. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan pada satur pertama sebanyak 128 orang untuk depan kelas kejuruan masing 19 orang perkelas. (Hsn)

Tidak ada komentar: