Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Lomba Masak Menu Serba Ikan Tingkat Kab. Kotabaru Tahun 2018

Suarabamega25.com - Ketahanan pangan dan gizi masih menjadi isu penting disamping ketahanan ekonomi, dan energi. Sebagai institusi pemerintah, Kementerian Kelautan dan Perikanan terlibat aktif menangani masalah pangan yang bersumber dari produk-produk kelautan dan perikanan serta mendukung terwujudnya ketahanan pangan dan gizi nasional melalui bahan pangan yang berasal dari ikan.

Hal ini karena pertama, ketahanan pangan dan gizi merupakan bagian dari upaya pemenuhan hak atas pangan yang menjadi salah satu pilar utama hak azasi manusia, kedua merupakan pendukung terwujudnya ketahanan nasional dan ketiga menjadi modal pembentukan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas, mandiri dan sejahtera. Konsumsi ikan masyarakat masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara lain serta belum merata diseluruh wilayah. 

Hal ini berakibat pada kurang baiknya status kesehatan masyarakat, yang ditandai antara lain dengan bayi lahir pendek (stunting), bayi kurus (wasting) dan kasus obesitasatau kelebihan berat badan. Indonesia termasuk didalam 17 negara dari 117 negara yang mempunyai ketiga masalah tersebut.Pravelensi bayi lahir pendek (stunting) 37,2%, bayi kurus (wasting) 12,1% dan kasus obesitas sebesar 11,9%. (Global Nutrition Report  (GNR) 2014).

Dalam rangka mengakselerasi peningkatan konsumsi ikan masyarakat, Kementerian Kelautan dan Perikanan menginisiasi Gerakan MemasyarakatkanMakan Ikan (Gemarikan).Gerakan tersebut bertujuan membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan dan dilaksanakan melibatkan seluruh elemen bangsa. Sejalan dengan program KKP dalam pemberantasan IUU Fishing, Gemarikan dilakukan dengan komoditas yang tidak berasal dari praktek IUU Fishing.

Salah satu implementasi Gemarikan adalah melalui promosi edukatif peningkatan konsumsi ikan dalam bentuk lomba masak serba ikan yang dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat Kabupaten/Kota hingga nasional.Lomba masak serba ikan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Pusat.

Melalui kerjasama seperti dimaksud diharapkan menu-menu tersebut didesimenasikan hingga ketingkat dasawisma. 

Pada tahun 2018, Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten  dilaksanakan untuk yang ke-16 kalinya dan diikuti Seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Kotabaru yang dilaksanakan di Siring Laut, Minggu (27/5/18).

Dan pemenang lomba akan mengikuti Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten  Provinsi yang penyerahan piala dan hadiah diserahkan langsung oleh ketua Tim Penggerak PKK Kab. Kotabaru Ibu Hj. Fatma Idiana.

Daftar Pemenang Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten Tahun 2018 sebagai berikut : 
Juara Umum Kecamatan Kelumpang Hulu - Kategori Menu Keluarga 
Kecamatan Kelumpang Hulu (Juara 1) Kecamatan Kelumpang Hilir (juara 2) Kecamatan Pulau Laut Tengah (Juara 3) 
- Kategori Menu Balita
Kecamatan Kelumpang Hilir (Juara 1)
Kecamatan Kelumpang Selatan (juara 2)
Kecamatan Sungai Durian (Juara 3)
- Kategori Menu Kudapan
Kecamatan Kelumpang Hulu (Juara 1)
Kecamatan Kelumpang Hilir (juara 2)
Kecamatan Pamukan Utara (Juara 3)

Ditulis oleh : Administrator (DKPktb)

Tidak ada komentar: