Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Bupati Kotabaru Hadiri Acara Adat Mallasuang Manu

Suarabamega25.com - Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menghadiri acara adat Mallasuang Manu masyarakat suku mandar di Desa Teluk Aru Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru, Minggu (26/8).


Kedatangan orang nomor satu di Bumi Saijaan ini didampingi oleh Forkopimda, Kepala SKPD, dan juga Ketua PKK Kabupaten.

Bupati Kotabaru Hadiri Acara Adat Mallasuang ManuBupati Kotabaru Gelar Safari Jum'atIndocement Hijaukan 2,4 Kilometer Akses Jalan Tarjun

Acara Adat Mallasuang Manu  yaitu melepas sepasang ayam jantan dan betina merupakan adat Masyarakat suku Mandar yang ada di Desa Teluk Aru Kecamatan Pulau Laut Kepulauan KabupatenKotabaru.

Dimana sepasang ayam dilepas dari atas sepasang batu yang disebut batu jodoh dan diperebutkan oleh ratusan masyarakat, baik anak – anak, dewasa, maupun orang tua yang sudah menunggu dibibir pantai.

Sebelumnya, sandro atau ketua adat membacakan doa terlebih dahulu sebelum ritual pelepasan dilaksanakan.

Dirintis warga dari tahun 2000 dengan dana yang minim, hingga mendapat perhatian dari Pemkab Kotabaru melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Mallasuang Manu akhirnya menjadi agenda tahunan sejak 2003 hingga sekarang.

Mallasuang Manu merupakan wujud rasa syukur masyarakat suku mandar, yang kesehariannya bekerja sebagai nelayan.

Dulunya, acara adat ini dilaksanakan di pulau cinta, yang berada sekitar  2 mil dari pantai batu jodoh. tetapi dalam beberapa tahun ini acara adat ini cuma dilaksanakan di pantai batu jodoh saja.

Selain Pesta Adat Mallasuang Manu, untuk menambah kemeriahan Masyarakat suku mandar juga mengadakan berbagai perlombaan seperti lomba perahu katir race,dan lainnya. ( tim kodok news )

Tidak ada komentar: