Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Pasca Tsunami, Kapolri dan Panglima TNI Terbang ke Palu

Suarabamega25.com – Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto akan terbang ke Sulawesi Tengah untuk memimpin langsung pasukan TNI-Polri dalam penanganan pasca gempa dan tsunami yang melanda sejumlah wilayah di provinsi tersebut.

“Yang akan berangkat, Panglima TNI, Kapolri, dan beberapa tim teknis juga,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Novyan Samyoga di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (29/9/2018).

Penerbangan tersebut akan menggunakan pesawat Boeing 737-1306 yang bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Selain itu, menurut Samyoga, akan diberangkatkan juga pesawat Hercules yang mengangkut pasukan, logistik, hingga relawan dan wartawan.

“Hercules sekarang lagi di Bandung setelah test flight pesawat ke Halim untuk dukung pergerakan pasukan, sukrelawan, dukungan logistik, dan wartawan,” kata dia.

Kendati demikian, saat ini masih dipastikan apakah pesawat bisa mendarat di Bandara Mutiara Sis Al-jufri di Palu. Sebab, tower di bandar tersebut rusak akibat gempa sehingga belum bisa digunakan untuk komunikasi.

“Padahal dengan tidak ada komunikasi, pesawat tidak akan bisa masuk,” kata dia.

Jika nantinya saluran komunikasi untuk pesawat di Palu sudah bisa diakses, maka Samyoga memastikan pesawat akan langsung bertolak mengirimkan bantuan dari Jakarta.

“Tahap awal memang military aircraft dulu, kalau sudah bisa dipastikan aman, baru sipil bisa akses juga,” ucap dia.

Gempa yang melanda Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018), berkekuatan magnitudo 7,4. Gempa terjadi pada pukul 17.02.44 WIB atau 18.02.44 WITA

Sumber: Seruindonesia.com

Tidak ada komentar: