Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Pemkab Kotabaru Membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Pencari Kerja



Suarabamega25.com - Pemkab Kotabaru membuka pelatihan berbasis kompetensi bagi pencari kerja angkatan ke tiga tahun 2018, Rabu (26/9/18) di Aula UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri Staf Ahli Bupati Kotabaru, Kapala Disnakertrans Kotabaru, Kepala BLK Kotabaru, Dinas Pendidikan Kotabaru, SKPD Kotabaru, Kepala Kadin Kotabaru, Kepala BPJS Kotabaru, Perusahaan Thailindo Kotabaru, LPK Aqila dan MIP Kotabaru, Alumni BLK 2016 Kejuruan Las dan siswa - siswa BLK Angkatan Ketiga Tahun 2018.
Bupati Kotabaru yang di wakili Staf Ahli Bupati Ir. H. Hasbi M. Tawaf, SH, M.Si mengatakan, kita menyadari bersama bahwa masalah Ketenagakerjaan ke depan diperikan semakin kompleks. hal ini terjadi karena pertumbuhan pencari kerja cenderung tidak sebanding dengan ketersedian lapangan kerja. Dari data yang terdaftar di kantor Ketenagakerjaan Transmigrasi Kotabaru, jumlah pencari kerja sampai dengan akhir bulan Aguatus 2018 adalah berjumlah 1.313 orang, dengan perincian lulusan SD sebanyak 64 orang, SMP sebanyaknya 79 orang, SLTA berbagai jurusan sebanyak 856 orang, Diploma sebanyak 116 orang, Serjana 196 orang dan Pasca Serjana sebanyak 2 orang, sementara lowongan kerja yang teraedia sebanyak 49 orang.
" Salah satu alternatif dan solusinya adalah perlu peningkatan keterampilan dan kompetensi para pencari kerja sesuia dengan kebutuhan pasar kerja yang diperlukan melalui pengembangan dan diperlukan melalui pengembangan dan penyesuaian program - program pelatihan dan dilaksankan oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi melalui UPTD Balai Latihan Kerja dan Lembaga Pelatihan Swasta.
Kata Hasbi, " Kepada saudara peserta pelatihan saya berpesan kiranya dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius berdasarkan bimbingan yang diberikan oleh para instruktur, sehingga bekal keterampilan tersebut nantinya saudara dapat bersaing dan memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk memperoleh pekerjaan di berbagai sektor lapangan kerja yang tersedia. Disamping itu saya mendorong agar para peserta pelatihan juga berani menjadi wirausaha muda dengan bekal ketrampilan sudah dimiliki nantinya setelah selesai mengikuti pelatihan di BLK ini.

Kepala Disnakertrans Kotabaru Drs. H. Zainal Arifin, M. AP mengatakan, perkembangan bidang ketenagakerjaan secara umum sampai dengan bulan Agustus 2018, kondisi relatif kondusif, tidak ada gejolak PHK, yang masih menjadi tugas berat kami adalah rendahnya kesempatan kerja yang tersedia dibanding banyaknya jumlah pencari kerja yang membutuhkan lowongan kerja. Dengan dukungan penuh Bupati program - program ketenagakerjaan dan BLK dapat kami laksankan dengan baik. 
Kepala Kantor Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Kab. Kotabaru Miswar mengatakan, Kebetulan kami di undang oleh Disnakertrans Kotabaru, dalam hal ini BLK berada di bawah Dinas Ketenagakerjaan , kami sudah sering koordinasi dan berkomunikasi tentang perlindungan bagi mereka yang sedang belajar di BLK ini, karena kalau dilihat disini ada otomotif, mesin, teknik listrik dan las resikonya besar,  jadi bisa diantisipasi dengan mendaftarkan mereka pada program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian BPJS Ketenagakerjaan. Program ini merupakan program pemerintah, manfaatnya jelas di atur berdasarkan Undang-undang, dengan iurannya yang sangat terjangkau.

"Saat ini siswa BLK yang sudah di daftarkan sebanyak tiga puluh (30) orang, mungkin bulan depan yang lainnya menyusul. Kita berharap untuk teman - teman di BLK Kotabaru yang sudah di asuransikan jangan kerja asal - asalan tetap kerja sesuia aturan, dan kami sebagai penyelenggara program jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Kotabaru berharap secara penuh dukungan Pemerintah Daerah agar semua Badan Usaha, pekerja baik swasta, mandiri, dan honorer, PTT dapat terlindungi karena sampai dengan sekarang baru beberapa Dinas yang mendaftarkan. (San)





Tidak ada komentar: